Pengalaman Naik Kapal Cepat ke Pulau Pramuka

kapal_cepat_ke_pulau_pramuka

Awal Mei 2019, saya dan teman – teman satu departemen berencana untuk kemping ceria di Pulau Kotok. Jika mau ke Pulau Kotok, maka sebelumnya harus transit ke Pulau Pramuka. Dengan alasan kenyamanan dan efisiensi waktu, kami memutuskan untuk naik kapal cepat ke Pulau Pramuka yang berangkat dari Dermaga Marina Ancol tepatnya dermaga 16.

Baca juga : Kemping Ceria di Pulau Kotok

Bagi saya ini adalah pengalaman pertama kali naik kapal cepat ke Pulau Pramuka, sebab biasanya jika ingin kesana, saya biasanya naik kapal kayu yang berangkat dari Pelabuhan Kali Adem dengan ongkos sekitar Rp 40 – 50 ribu.  Adapun kapal kayu yang melayani rute Pelabuhan Kali Adem – Pulau Pramuka diantaranya KM Dolphin Express, KM Muara Express dan KM Rindu Alam.

Proses Booking

Untuk mendapatkan tiket kapal cepat ke Pulau Pramuka prosesnya sangat mudah.

Cara pertama adalah kita tinggal datang saja ke Dermaga Marina Ancol 16 (Go Show) dimana terdapat loket penjualan tiket kapal cepat. Untuk tujuan Pulau Pramuka harganya Rp 150 ribu (harga weekend, sedangkan saat weekday harganya Rp 120 ribu), harga ini belum termasuk tiket masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Cara kedua adalah dengan membeli tiket secara online, kita bisa masuk ke websitenya Sea Leader Marine, harganya juga sama dengan membeli secara langsung. Kelebihan dengan cara ini ialah untuk mengantisipasi ramainya wisatawan yang juga ingin menggunakan kapal cepat ke Pulau Pramuka.

Cara ketiga yakni dengan menghubungi bagian marketing Sea Leader Marine. Cara inilah yang saya gunakan saat memesan tiket ke Pulau Pramuka. Salah seorang marketing yang bekerja untuk Sea Leader Marine adalah Bapak Rio (WA 081519977521). Kita tinggal sampaikan saja jumlah penumpang dan tujuan pulaunya serta tanggal keberangkatan dan kepulangan. Kalau sudah oke, tinggal transfer total biaya tiketnya. Nanti tiket langsung diprintkan. Di hari H, tinggal menghubungi bagian marketingnya, dan tiket pun sudah ditangan tanpa harus antri di loket.

Jadwal Keberangkatan

Kapal cepat ke Pulau Pramuka berangkat pada pukul 08.00 dari Dermaga 16 Marina Ancol. Jadi penumpang diharuskan datang sebelum jam 07.30.

Kami tiba di Dermaga 16 sekitar jam 07.15, bertemu dengan Pak Rio yang langsung menyerahkan tiket kapal. Di tiket ini tidak ada nomor kursi, jadi kita bebas mau duduk dimana saja.

Kami pun menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan.

dermaga_kapal_cepat_ke_pulau_pramuka
Ruang tunggu Dermaga Marina Ancol

 

Tepat pada pukul 07.30, satu per satu penumpang dipanggil untuk naik kapal, jadi antriannya sangat tertib, gag ada tuh acara rebutan masuk ke kapal. Dan untungnya lagi nama saya dipanggil di urutan kedua jadi bisa memilih kursi yang ada paling depan.

 

Kapal KM Black Pearl

Kapal cepat yang digunakan untuk wisatawan yang menuju Pulau Pramuka adalah Kapal KM Black Pearl.

kapal_black_pearl_ke_pulau_pramuka
Kapal KM Black Pearl

 

KM Black Pearl ini memiliki dua kabin  yaitu kabin kapal bagian bawah yang tertutup dilengkapi dengan pendingin udara dan kabin penumpang yang berada di deck atas dengan kabin terbuka.

Saya, istri dan Fawwaz memilih di kabin bagian bawah dan mengambil tempat duduk paling depan sebab memiliki space terbuka, sehingga kaki bisa nyaman selonjorannya. Selain itu di bagian depan ini bisa menikmati hembusan dari AC.

Kabin bawah KM Black Pearl

Sedangkan Pak Fahmi dan Pak Andi, mereka memilih di kabin atas. Mau menikmati angin laut katanya, selain itu pemandangannya juga asik, bisa melihat gugusan pulau yang ada di Teluk Jakarta saat menuju Pulau Pramuka.

Kabin atas KM Black Pearl

Kapal Black Pearl dapat melaju hingga kecepatan 25 – 27 knot. Kapal ini menggunakan enam unit mesin outboard yang masing – masing berkekuatan 250 tenaga kuda (HP). Dengan kecepatan yang dimilikinya, waktu tempuh untuk menuju Pulau Pramuka hanya 1 jam saja. Biasanya saya harus menempuh waktu 3 jam jika menggunakan kapal kayu dari Kali Adem.

Kapal cepat ini juga memiliki fasilitas seperti toilet, Air Conditioning, home theatre, live jacket.   Adapun kapasitas maksimum dari KM Black Pearl adalah 190 orang.

Kapal ini bisa menampung penumpang sebanyak 190 orang

 

Tiba di Pulau Pramuka

Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama 1 jam dari Dermaga Marina Ancol, kami tiba di Pelabuhan Pulau Pramuka.

Selanjutnya kami istirahat di warung sekitar pelabuhan, lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal tradisional menuju Pulau Kotok.

Kembali ke Marina

Jadwal Kapal cepat dari Pulau Pramuka ke Dermaga Marina Ancol adalah pukul 15.00, penumpang harus stand by pada pukul 14.30, proses masuk ke kapalnya sama, satu per satu nama penumpang dipanggil, jadi ga pake rebutan deh.

Jadi bagi anda yang ingin liburan ke Pulau Pramuka dengan waktu lebih cepat dan suasana lebih nyaman, anda bisa memilih opsi naik kapal cepat. Harga tiket yang lebih mahal 3 kali lipat dibanding kapal kayu, akan sebanding dengan kecepatan dan kenyamana yang akan anda dapati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *