(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Kedai Samudera Pasee, Pelopor Martabak Durian di Aceh

martabak durian aceh

Siapa yang tak kenal durian? Sepertinya buah ini turun dari surga sebab rasanya yang begitu nikmat. Namun bagaimana rasanya jika durian diolah menjadi martabak durian? Apakah rasanya menjadi lebih mantap?

Di Aceh kita dapat dengan mudah  menemukan kedai yang menjual martabak durian. Namun jika ingin mendapatkan rasa yang terbaik maka datanglah ke kedai Samudera Pasee yang berada di Jalan Medan – Banda Aceh No.1, Keude Geudong, Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

Dengan mengendarai mobil, kami menuju ke lokasi kedai Samudera Pasee yang berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Lhokseumawe ke arah timur atau Medan.

Martabak durian Samudera Pasee lokasinya sangat strategis dan terjangkau, tidak perlu masuk lorong. Kedai ini berada tepat di pinggir Jalan Lintas Sumatera. Selain itu tempat ia berjualan pun terlihat lebih megah dibanding kedai – kedai yang ada disekitarnya. Dengan plang nama usaha yang berukuran besar tentu saja kedai ini semakin mudah untuk ditemukan.

Saat kami datang, suasana kedai sudah cukup ramai, banyak mobil dan motor terlihat terparkir di depan kedai. Hal ini kontras dengan kondisi kedai di sekitarnya yang lengang, padahal yang dijual oleh kedai – kedai itu sama seperti Samudera Pasee.

Kedatangan kami disambut oleh Bapak Amir Hamzah, beliau adalah pemilik kedai Samudera Pasee yang melanjutkan usaha almarhum ayahnya. Ia mempersilahkan kami duduk terlebih dahulu sebelum memesan.

pemilik kedai martabak durian samudera pasee
Saya bersama Bapak Amir Hamzah, pemilik kedai Samudera Pasee

Menu yang dijual di kedai ini tentu saja martabak durian, ada ukuran single dan jumbo. Selain itu ada juga olahan durian lainnya seperti pancake durian dan ketan durian. Untuk minumannya kedai ini menyediakan aneka jus buah, teh dan kopi.

Kedai Samudera Pasee telah berdiri sejak tahun 1980. Awalnya pemilik kedai ini, Haji Tengku Muhammad Rasyid memulai bisnis kuliner hanya dengan membuat martabak telur. Namun seiiring berjalannya waktu, beliau pun berinovasi menciptakan martabak durian yang awalnya hanya untuk konsumsi keluarganya saja.

Setelah dicoba, ternyata banyak yang suka. Akhirnya pun beliau mulai menjajakan martabak durian buatannya dan masih eksis hingga saat ini.

Setelah memesan dua porsi martabak durian, seperti biasa selagi menunggu pesanan tiba saya menyibukkan diri memotret maupun merekam suasana kedai.

Saya menyaksikan bagaimana proses membuat seporsi martabak durian. Ada dua orang yang bertugas untuk melakukan hal ini, mereka adalah Bang Akbar dan Bang Arul.

kedai martabak durian
Bang Arul dan Bang Akbar bekerja dengan sangat cepat untuk membuat martabak durian

Cara membuatnya terlihat mudah, buah durian pilihan kemudian daging durian tersebut dipisahkan dari bijinya, selanjutnya dibungkus dengan adonan tepung terigu yang telah dibentuk, ini menjadi tugas bagi Bang Akbar dan selanjutnya dimasak diatas pinggan datar dengan mentega yang menjadi tugas bagi Bang Arul.

bahan membuat martabak durian khas aceh
Bahan untuk membuat martabak durian terdiri dari adonan tepung terigu yang telah dibentuk dan daging durian yang telah dipisahkan dengan bijinya

Keduanya bekerja dengan sangat cepat, sebab jika tidak akan terjadi antrian yang mengular. Setelah dirasa matang dengan ditandai warna roti yang menjadi kecoklatan barulah martabak durian ini dihidangkan kepada pelanggannya.

roti martabak durian khas aceh
Jika kulit roti sudah kecoklatan berarti sudah matang dan siap untuk disajikan

Martabak duriannya tebal banget, berisi penuh daging durian asli tanpa dicampur bahan apapun. Ini kontras banget sama martabak durian yang kami santap saat beristirahat di sebuah kedai yang berada tepat di seberang Masjid Al Kubra Aceh Utara. Waktu itu kami mendapatkan martabak durian yang tipis banget.

Bagaimana rasanya?

Enak banget! Roti yang membungkus daging durian terasa begitu lembut, durian yang digunakan juga dalam kondisi terbaik sebab rasanya manis dan legit. Kedua bahan ini begitu klop untuk disantap, apalagi dalam keadaan masih hangat. Coba saja bayangkan, bagaimana daging durian yang hangat masuk ke dalam mulut, itu nikmat banget!  Anda harus cobain!

Buah durian yang digunakan untuk membuat martabak ini diambil dari Aceh. Namun jika di Aceh sedang tidak musim durian ia akan mengambil dari Medan, Riau dan Palembang. Pada saat kedatangan kami durian yang digunakan berasal dari Sibolga, Sumatera Utara.

Seporsi martabak durian di kedai Samudera Pasee dijual dengan harga murah yaitu Rp 8 ribu saja. Jadi wajar saja jika kedai ini selalu ramai setiap saat, sebab ia mampu mempertahankan kualitas serta cita rasa dan harga yang sangat terjangkau.   

Baca juga : Mie Aceh Enak di Lhokseumawe, Bisa Anda Temukan Disini!

Dalam sehari kedai ini mampu menjual martabak durian hingga 2000 – 3000 porsi. Coba dikalkulasikan berapa omset kedai ini per harinya? Banyak banget kan?

Selain martabak durian, kedai ini juga tersedia Sate Matang dan Mie Aceh. Jadi tunggu apalagi? Jika anda sedang dalam perjalanan Medan ke Banda Aceh atau sebaliknya, jadikan Kedai Samudera Pasee ini sebagai tempat peristirahatan anda.

Alamat

Jalan Medan – Banda Aceh No.1, Keude Geudong, Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

1 Response

Leave a Reply