Jelajah Kuliner Bandung : Nasi Timbel Bawean

nasi timbel bawean bandung

Lokasi Nasi Timbel Bawean ada di Jalan Bawean No. 3, Bandung, Merdeka, Sumur Bandung, Jawa Barat. Dari Taman Lansia Cisangkuy jaraknya cuma sekitar 1.5 kilometer. Setelah mencicipi Bandros Cowboy Cisangkuy, kami beranjak menuju kesana untuk mencoba cita rasa dari nasi yang oleh orang Sunda disebut sangu timbel.

Hanya butuh waktu 5 menit saja untuk tiba di lokasi.

Ternyata tempatnya sangat sederhana. Ia hanya berupa gerobak yang mangkal di depan rumah yang ruangannya didekorasi sebagai tempat makannya.

alamat nasi timbel bawean
Tempatnya sangat sederhana

Seorang pelayan menyambut kami dengan ramah.

“Kang, saya mau nasi timbel” kata saya

“ini nasi timbelnya, itu lauk – lauknya, silahkan dipilih” jawab pelayan itu

Ternyata nasi timbel itu sama seperti nasi biasa. Yang membedakan ialah dalam penyajiannya ia menggunakan daun pisang serta beras yang digunakan ialah jenis beras bagolo dan beras merah campuran, sehingga menghasilkan wangi yang berbeda.

Sebenarnya di Bandung banyak banget yang menjual nasi timbel. Mulai dari kaki lima, kedai hingga restoran di Bandung seperti Ampera memiliki menu ini.

Namun tentunya kami hanya memilih yang sudah menyandang status legendaris dan terkenal. Kalau ditelusuri dari google, akan memunculkan dua nama yaitu Nasi Timbel Dago dan Nasi Timbel Bawean.

Jadi kenapa pilih yang di Bawean? Selain sudah legendaris dan eksis sejak 1985, Nasi Timbel Bawean punya keunggulan lain yaitu harganya yang lebih terjangkau dari tempat lain.

Untuk menemani nasi timbel, kedai ini menyediakan lauk pendamping seperti ikan mas goreng, ikan nila, mujamer, ayam goreng, ati ampela, ikan asin dan beragam pepesan. Lauknya ini bisa diminta untuk dihangatkan sebelum dihidangkan.

pilihan lauk di nasi timbel bawean
Pilihan lauk untuk menemani nasi timbel

Kami memilih satu bungkus nasi timbel merah dengan lauk ayam goreng, ikan asin dan tahu tempe.  Oh ya, tersedia sambal terasi serta lalapan yang boleh diambil sesukanya.

Seporsi nasi timbel dengan tambahan lauk dan lalapan

“silahkan duduk, nanti kami antar”

Kami datang sebelum masuk waktu makan siang, jadi tak perlu menunggu waktu lama, pesanan kami sudah terhidang.

Soal rasa tak perlu ditanya lagi, lidah langsung bergoyang ketika menyantap gurihnya lauk bersama wanginya nasi timbel. Sambal terasinya nikmat, hanya saja agak encer.

Sudah cukup menggoda belum?

Nasi Timbel Bawean dijual dengan harga Rp 5.000, sedangkan lauk pauknya antara Rp 2.000 – Rp 15.000. Namun kami lupa berapa total yang harus kami bayar untuk semua pesanan kami.

Baca juga tulisan kami menjelajahi Kuliner Bandung lainnya.

Alamat

Silahkan klik Google Maps

Atau lihat peta di bawah ini

Waktu Operasional

Buka Setiap hari, dari pukul 07.30 pagi hingga 17.00 WIB. Sebaiknya datang sebelum jam makan siang agar tak perlu ngantri, Selain itu pilihan lauknya juga masih banyak di waktu itu.

You may also like...

(1) Comment

  1. Terbelalak Karena Seblak Deu Tjenghar yang Punya 30 Varian Menu

    […] Baca juga : Nasi Timbel Bawean […]

Comments are closed.