Terbelalak Karena Seblak Deu Tjenghar yang Punya 30 Varian Menu

seblak deu tjenghar viral

Seblak Deu Tjenghar awalnya berjualan di seberang BEC. Namun setelah adanya penertiban yang dilakukan oleh Pemkot Bandung, mereka pindah ke sebuah kios kecil di samping Kafe Ngopi Doeloe Jalan Purnawarman, di area parkir motor di belakang Merdeka Arcade Factory Outlet.

Kedainya ada di area parkir belakang Merdeka Arcade Factory Outlet

Seblak Deu Tjenghar ialah salah satu penjual seblak yang banyak tersebar seantero Kota Bandung. Ia cukup terkenal namanya karena punya 30 menu varian menu seblak.

Seblak Deu Tjenghar punya banyak variasi komposisi isian seperti ceker, kerupuk, bakso, batagor, sosis, siomay, tulang, kikil, kwetiau, macaroni, wortel, jamur kuping dan brokoli.

Baca juga : Nasi Timbel Bawean

Boleh dikatakan saya baru mengenal yang namanya seblak sejak menikah tahun 2017. Istri saya doyan banget sama penganan yang berbahan dasar kerupuk dan batagor kering ini. Kuah yang digunakan biasanya berasa pedas dengan aroma kencur yang kuat.

Jadi hubungannya apa dengan Seblak Deu Tjenghar?

Bandung itu surganya fashion di Indonesia. Kalau lagi main ke Bandung rasanya ada yang kurang kalau gag beli pakaian atau celana. Hari itu kami coba menyambangi Merdeka Arcade Factory Outlet. FO ini menjual pakaian atau celana dengan merk terkenal tapi harga miring. Saya suka banget sama yang beginian.

Usai membeli beberapa helai pakaian untuk Fawwaz, kami kembali ke parkiran. Disana terdapat beberapa kios kecil salah satunya Seblak Deu Tjenghar. Kiosnya paling menarik dengan etalase yang memamerkan toples – toples besar yang berisikan lebih dari sepuluh macam kerupuk, batagor, dan siomay kering. Membuat kami tertarik untuk mendekatinya.

Berbagai jenis kerupuk untuk seblak

 Pada kaca gerobaknya tertempel menu yang disediakan. Ada 30 menu yang berbeda. WOW! Pada selembar menu berwarna merah itu juga diperlihatkan daftar media massa online maupun media televisi nasional yang telah meliput Seblak Deu Tjenghar. Untuk harganya mulai dari Rp 9 ribu hingga Rp 19 ribu, tergantung dari menu yang kita pilih.

Kami memillih menu Seblak Jumbo yang terdiri dari 5 varian kerupuk ditambah dengan tulang iga sapi. Menu yang satu ini dibanderol dengan harga Rp 19.000, pokoknya yang paling mahal. Hohoho..

Seblak jumbo pesanan kami

Biasanya penjual seblak memasak seblak menggunakan wajan berukuran kecil. Namun di Seblak Deu Tjenghar, penjualnya menggunakan wajan berukuran besar. Menurutnya hal ini dilakukan karena banyaknya pembeli yang berdatangan. Untuk efesiensi waktu maka seblak dimasak dalam jumlah besar sekaligus.

Kami juga memesan seblak dengan tambahan rumput laut

Terdapat dua wajan besar, wajan pertama berisikan seblak tanpa sambal, sedangkan wajan kedua berisikan seblak dengan bumbu sedikit pedas. Sambal pun disediakan terpisah untuk mengatur tingkat kepedasan.

Adapaun cabai yang digunakan sebagai bahan dasar sambal ialah cabai jenis japla. Dengan cabai ini , kuah yang mengandung bumbu dan kaldu ayam menjadi berwarna merah.  Cabai ini juga yang bikin anda Tjenghar alias membelalak.

Bumbu yang digunakan untuk memasak seblak sama seperti tempat lainnya yaitu kencur dan bawang putih, namun keduanya melalui beberapa kali proses masak. Selain itu ditambah bumbu racikan sendiri, kalau yang ini penjualnya tidak mau memberi tahu karena itu secret recipe.

Seblak Deu Tjenghar punya ciri khas dibanding seblak lainnya yang ada di Kota Bandung. Seblak ini memiliki kuah yang melimpah seperti bakso.

Seblak disajikan dengan kuah yang melimpah. Kuahnya mengandung bumbu dan kaldu ayam. Kuahnya inilah yang menentukan rasa pada sajian seblak. 

Seblak basah sudah dibuat semua dalam satu wajan besar, penjualnya hanya menambahkan baso, siomay kering, ceker dari wajan lain yang berbeda.

Bagaimana dengan rasanya?

Seblak buatan Deu Tjenghar ini meskipun pedas tapi bikin ketagihan, satu suapan seblaknya sudah bikin keringatan tapi tetap saja disantap hingga tak bersisa kuah dan isiannya sedikit pun.

Dalam sehari kedai Seblak Deu Tjenghar dapat menjual seblak sebanyak 500 porsi.

Oh ya buat anda yang mager tapi kepengen seblak enak, seblak ini bisa dibeli menggunakan aplikasi Gofood atau Grabfood

Baca juga perjalanan Jelajah Kuliner Bandung di tempat lainnya.

Alamat

Jalan Purnawarman, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, 40117

Klik via Google Maps

Cabang Lainnya

Baltos, Antapani, Gegerkalong, Rancaekek, UPI, Permata Biru dan Garuda

Waktu Operasional

Buka setiap hari jam 10.00 hingga 21.00 WIB

You may also like...