Cari Oleh – oleh Murah di Penang, ke Pasar Chowrasta Aja

pasar chowrasta

Saya sudah dua kali mengunjungi Penang. Di kunjungan pertama saya menginap di Jalan Lebuh Chulia, sedangkan di kunjungan kedua di Jalan Argyll. Nah, tiap kali ingin menjejalajahi Penang dengan Bus Rapid Penang, saya selalu berjalan menuju halte yang ada di Jalan Penang tepatnya persis di depan Pasar Chowrasta

Lokasi Pasar Chowrasta

Pasar Chowrasta ini lokasinya strategis banget, berada di jantung kota Georgetown. Dihimpit oleh 4 jalan yaitu Jalan Penang, Jalan Chowrasta, Jalan Lebuh Tamil dan Jalan Kuala Langsar. Karena itu karena berada di tepi Jalan Penang, pasar ini mudah banget dijangkau karena dilalui oleh banyak bus Rapid Penang. Setidaknya ada 12 rute bus Rapid Penang yang melewati Pasar Chowrasta (nomor 10,11,101,103,200,201,202,203,204,206,502, dan CAT)

alamat pasar chowrasta
Sisi Pasar Chowrasta di Jalan Penang

Bus Hop On Hop Off pun menjadikan halte di depan Pasar Chowrasta ini sebagai tempat untuk menaikan dan menurunkan wisatawannya.

Pasar Chowrasta berdiri sejak tahun 1980 dan telah mengalami beberapa perbaikan. Saat ini ia telah menjadi salah satu tujuan wisata.

Pasar tradisional ini menjual bermacam kebutuhan mulai dari sayur – sayuran, daging, sembako, jajanan pasar pakaian dan buku. Selain itu pasar ini juga merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang mencari oleh – oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga : Cerita Dari Pasar Chowrasta

Ada Apa Aja Disini?

Di sisi yang ada di samping Jalan Penang ini dengan mudah akan kita temui para penjual oleh – oleh khas Penang. Ada berbagai manisan, aneka cemilan, coklat, kopi dan teh. Ada juga yang menjual souvenir seperti tas tangan dengan motif mural – mural yang terkenal di Penang, gantungan kunci dan banyak lagi.

oleh - oleh di Pasar Chowrasta
Aneka manisan yang bisa dijadikan oleh – oelh
Wisatawan sedang membeli manisa

Karena ini adalah pasar tradisional, tentu saja harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di tempat lain. Selain itu harganya pun masih bisa ditawar lho!

Aneka kue di Pasar Chowrasta
Biskuit khas Penang juga ada disini
Aneka dodol

Saya coba membandingkan harga tas tangan bermotifkan anak berboncengan sepeda (salah satu mural paling terkenal di Georgetown), di Clan Jetty saya mendapatkan harga RM 25, sedangkan disini bisa ditawar hingga RM 15. Lumayan banget kan!

Aneka minyak gosok juga tersedia

Setelah mengekplore pasar ini, jangan beranjak dulu. Tepat disampingnya ada kedai minuman segar yang sudah jadi legenda kuliner di Penang yaitu Ais Tingkap Window Sherbet. Kedai ini sudah eksis di Penang sejak tahun 1919 lho. Dengan modal RM 2.5 (setara Rp 8500), kita bisa mencoba segarnya Ais Tingkap yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Baca Juga : Lawan Dahaga Dengan Kesegaran Ais Tingkap

You may also like...