(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Santap Siang Dengan Ikan Gurame Bakar Kecap di Rumah Makan Laksana Kuningan

menu makanan Rumah Makan Laksana Kuningan

Setelah mengeksplore Obyek Wisata Cibulan, memasuki tengah hari kami pun beranjak dari sana. Maklumlah, perut sudah krucuk – krucuk jadi harus diobati. Siang itu, saya mengajak istri makan siang di Rumah Makan Laksana Kuningan yang ada di Jalan Panawuan – Sangkanurip.

Baca Juga : Ikan Dewa di Obyek Wisata Cibulan

Rumah Makan Laksana Kuningan ini bisa dikatakan recommended banget di Kuningan. Dua tahun lalu saya pernah kesini bersama keluarga Jo, rekan saya di kantor. Waktu itu rasanya enak – enak aja, mungkin karena dibayarin ya. Nah, kali ini saya akan mencobanya lagi.

Kami datang pada jam 11.30, suasana masih sepi, belum ada pelanggan yang datang. Para pelayan yang mengenakan seragam berwarna merah nampak duduk – duduk sambil termangu.

Meski masih sepi, namun pada meja makannya sudah ada tanda “reserved” alias sudah di booking artinya nanti bakalan ramai juga disini.

Ruang makan di Rumah Makan Laksana Kuningan

Di rumah makan ini kita bisa makan di meja makan atau di lesehan, tempatnya cukup bisa menampung orang banyak lho.

Kami memilih duduk di lesehan yang berdamping dengan kolam, meski kolamnya hanya ada air tanpa ikan sebagai penghias.

Lesehan

Seorang pelayan datang membawakan daftar menu yang tersedia. Di Rumah Makan Laksana, menu paling banyak tertera olahan – olahan gurame, dari yang bakar, goreng, asam manis. Ada juga pilihan ayam goreng atau panggang per ekor. Makanan seafood juga ada seperti udang dan cumi.

Daftar menu makanan dan minuman yang tersedia di Rumah Makan Laksana Kuningan

 

Sebagai laki – laki mata saya tertuju pada harga tiap menunya.

“alamak, mahal juga ya” saya membathin

Menu gurame disini harganya dihitung per ons yaitu Rp 16.000/ons, gleeek.

“yang paling kecil berapa ons ya, mbak?” tanya saya polos

“6 ons, pak”

Wadaw, itu berarti satu menu ikan gurame sudah menghabiskan pitiah sebesar Rp 96 ribu, belum nasi, lalapan dan minum. Rasanya menyesal sudah masuk kesini, tapi sesal tak ada guna, mau keluar gengsi.

Akhirnya kami memesan ikan gurame bakar kecap, nasi 2 porsi (seporsi Rp 8 ribu), es teh tawar (Rp 3 ribu).

Di belakang rumah makan, ada kolam yang menampung ikan gurame dan ikan mas. Jadi ikan yang digunakan disini benar – benar fresh. Kita bisa memilih ukuran ikannya, mau yang besar atau yang kecil.

Saya tentu saja milih yang kecil.

“Ini 5 ons ya” kata bapak yang bertugas menangkap dan membersihkan ikan sebelum dimasak.

“oh 5 ons, jadi hemat Rp 16 ribu deh” hehe..

Tapi saya sedikit kecewa sebab penentuan berat ikan hanya berdasarkan taksiran aja tanpa benar – benar ditimbang. Ini hukumnya gimana ya?

kolam penampung ikan gurame dan ikan mas

 

Cetoooookkkk! Ikan yang ditangkap pun kepala digetok, lalu dibersihkan sisik dan kotorannya, kemudian dimasak sesuai dengan keinginan.

Sambil menunggu, saya foto – foto suasana di rumah makan ini, tentunya untuk image artikel ini.

Tak lama kemudian datanglah pesanan kami.

Eh tunggu dulu, ini kok ga ada lalapan dan sambelnya? Bijimane gue mau makan nih?

Ikan gurame bakar kecap pesanan kami

Ternyata menu ikan gurame bakarnya belum termasuk lalapan dan sambel. Jadi harus nambah kocek lagi buat lalapan dan sambelnya (Rp 12 ribu). Semakin meringislah dompet ku.

Lalapan dan sambal cobek

 

Mari Kita Makan

Karena sudah lapar dan Fawwaz sudah rewel dengan ucapan “ma.. ma.. ma..” yang artinya minta makan. Langsung saja kami santap bersama pesanan ini, soal bayar urusan belakang.

Ikan gurame ini setelah dibersihkan digoreng terlebih dahulu lalu kemudian dibakar dan dibaluri kecap. Bagi yang suka rasa murni ikan gurame, anda bisa memesannya langsung dibakar tanpa digoreng.

Ketika daging ikan dimakan, saya masih merasakan ada rasa lumpur, hal yang lumrah ketika kita memakan ikan tawar.

Yang bikin selera itu sambal cobeknya, enak banget. Untuk lalapannya ya standar aja, apalagi ada pare. Hidup saya sudah pahit, eh malah dikasih lalapan pare. Syedih aku tuh.

Akhirnya pesanan kami sudah berpindah ke perut kecuali lalapan pare.

Sebelum ke kasir untuk bayar, saya memeriksa isi dompet untuk memastikan uangnya cukup. Ternyata masih ada 5 lembar uang berwarna biru. Syukurlah.

Total yang harus saya bayar untuk santap siang dengan Ikan Gurame Bakar di Rumah Makan Laksana Kuningan ini adalah Rp 114 ribu. Lumayan lah ya, walau sudah kena excess dari budget makan seharusnya.

Info Lainnya

Rumah Makan Laksana Kuningan merupakan salah satu tempat makan favorit di Kuningan. Meski tidak se-cozy rumah makan modern, tapi rumah makan ini selalu ramai terutama saat memasuki makan siang. Orang Cirebon aja jauh – jauh makan siang kesini.

Konsepnya lebih ke keluarga, jadi cocok banget kalau makan siang bareng keluarga disini.

rumah makan laksana tampak depan

 

Jika datang ramai – ramai, bisa pesan paket  bancak’an untuk tiap 6 orang, ada dua pilihan menu

Menu 1, harganya Rp 420 ribu, dalam paket ini ada nasi, ikan gurame bakar 2 ekor, ayam goreng atau bakar 2 ekor, lalapan dan sambal, serta teh tawar

Menu 2, harganya Rp 439 ribu, menunya sama tapi untuk sayurnya menggunakan cah kangkung.

Untuk makan ramai – ramai, baiknya revervasi terlebih dahulu, lalu bawalah uang tunai sebab rumah makan ini tidak menyediakan pembayaran dengan EDC.

Nomor telepon Rumah Makan Laksana,  (0232) 613182

Leave a Reply