(+62) 897-7257-136 [email protected]

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 [email protected]

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Cara Menuju Gunung Lawu Dari Jakarta Terlengkap

cara menuju gunung lawu

Gunung Lawu yang berdiri diatas dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki di Pulau Jawa. Bagi saya sendiri Gunung Lawu menyimpan cerita yang berkesan, sebab di gunung inilah saya memulai debut pendakian pada tahun 2011. Dan dari pendakian itulah saya ketagihan untuk kembali mendaki gunung.

Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara menuju Gunung Lawu. Namun karena saya domisilinya di Jakarta, maka yang akan dibahas hanya dari arah Jakarta aja ya.

Banyak jalur yang bisa digunakan untuk mengantarkan kita hingga ke puncak Gunung Lawu namun yang paling populer dan ramai dipilih oleh para pendaki adalah Jalur Cemoro Sewu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur dan Jalur Cemoro Kandang di Kabupaten Karanganyar, Jawa

Meski kedua jalur ini berada di dua provinsi yang berbeda, namun jarak antara keduanya hanya sekitar 800 meter saja.

Kedua jalur ini lokasinya berada di pinggir jalan Karanganyar – Magetan jadi mudah sekali untuk sampai kesana, selain itu moda transportasi yang melayani ke tempat ini juga cukup ramai.

Baiklah, saatnya kita ke point intinya. Simak terus ya.

Cara Menuju Gunung Lawu via Cemoro Sewu/Cemoro Kandang dengan Naik Bus

  • Naik Bus Menuju Tawangmangu

Terminal terdekat dari Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang adalah Terminal Tawang Mangu. Jarak antara keduanya hanya sekitar 10 kilometer. Jadi tujuan pertama kita adalah Tawangmangu.

Dari Jakarta menuju Tawangmangu kita bisa menggunakan bus. Banyak perusahaan otobus yang melayani rute Jakarta Tawangmangu diantaranya adalah Sudiro Tungga Jaya dan Agra Mas. Untuk ongkosnya sendiri mulai dari Rp 200 ribuan. Harga ini sudah termasuk fasilitas service makan satu kali

Dari Jakarta, kita bisa memulai perjalanan dari Terminal Pondok Pinang, Jakarta Selatan atau terminal manapun di Jakarta yang dekat dengan wilayah anda.

Jika naik dari Terminal Pondok Pinang, jadwal keberangkatan bus ada yang pagi yakni jam 06.00 dan keberangkata sore mulai dari jam 15.00. Dari Terminal Pondok Pinang, bus akan masuk ke tol JORR, kemudian keluar sebentar di Pasar Rebo untuk kembali menaikan penumpang. Setelah itu bus kembali masuk ke tol, keluar lagi untuk service makan di Rumah Makan Raos Eco.

Setelah itu masuk tol lagi dan keluar kembali di Solo dan langsung arah Tawangmangu.

Perjalanan ini akan memakan waktu selama 10 jam

  • Naik L300 Menuju Basecamp Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang

Setibanya di Terminal Tawangmangu, selanjutnya adalah naik angkutan lokal yang menggunaan armada Mitsubishi L300. Bentuk semacam angkot, namun badannya lebih besar.

Kita bisa naik L300 untuk menuju basecamp Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Tarif untuk naik angkutan lokal ini adalah Rp 15.000 sampai Rp 25.000 tergantung jumlah penumpang. Semakin ramai tentu semakin murah.

Angkutan lokal ini tersedia setiap saat, lokasi mangkalnya di sekitar Pasar Tawangmangu. Namun jika sudah malam hari, mungkin harga yang ditawarkan lebih mahal karena sudah lewat jam operasionalnya.

  • Naik Bus jurusan Jakarta – Ponorogo via Cemoro Sewu/Cemoro Kandang

Opsi lainnya adalah anda juga naik Bus Sudiro Tungga Jaya tujuan Jakarta –  Madiun Ponorogo. Sebab bus ini selepas Solo akan bergerak ke arah Tawangmangu dan melintasi Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu. Jadi sekali naik langsung sampai.

Cara Menuju Gunung Lawu via Cemoro Sewu/Cemoro Kandang naik Kereta

  • Menuju Solo

Stasiun terdekat dari basecamp Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang adalah Stasiun Solo. Entah itu Solo Balapan, Solo Jebres atau Purwosari. Pokoknya Solo deh.

Dari stasiun, perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Tirtonadi. Kalau dari Stasiun Solo Balapan kita bisa menggunakan Lorong skybridge yang menghubungkan antara Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tirtonadi. Jembatan gantung ini telah aktif pada juni 2017 lalu, panjangya sekitar 650an meter.

Kalau dari Stasiun Solo Purwosari, kita bisa menggunakan bus yang mengarah ke Terminal Tirtonadi atau bisa juga menggunakan layanan taksi online.

  • Naik Bus Menuju Terminal Tawangmangu

Setelah tiba di Terminal Tirtonadi selanjutnya adalah naik bus menuju Tawangmangu. Ada dua perusahaan otobus yang melayani rute ini yaotu Rukun Sayur dan Langsung Jaya.

Tarif bus adalah Rp 15.000 hingga Rp 20.000

Bus jurusan Terminal Tirtonadi – Tawangmangu biasanya beroperasi hingga maghrib. Jadi sebaiknya kita tiba di Terminal Tirtonadi sebelum sore hari supaya tidak kehabisan bus yang ke arah Tawangmangu.

  • Naik L300 Menuju Basecamp Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang

Cara Menuju Gunung Lawu via Cemoro Sewu/Cemoro Kandang dengan Carter

Ini adalah cara yang paling mudah dan ga pakai ribet. Soalnya tinggal menunggu di lokasi penjemputan yang telah ditentukan, maka anda akan diantar menuju ke basecampa Gunung Lawu yang anda inginkan.

Asiknya kalau naik ini yaitu gak repot gonta – ganti kendaraan karena langsung sampai ke basecamp. Begitu turun, bisa langsung lanjut mendaki.

Saat ini banyak penyedia jasa antar jemput pendaki seperti Carter Pendaki. Harganya mulai dari Rp 350.000 per orangnya.

Opsi ini cocok bagi anda yang berangkatnya ramai – ramai bersama teman – teman. Karena memang untuk menggunakan jasa ini ada minimal jumlah pesertanya supaya masuk harganya.

Oh iya, walaupun cara ini begitu praktis. Namun anda harus perhatikan seksama syarat dan kondisi yang berlaku. Seperti waktu penjemputan saat turun dari pendakian. Karena biasanya penyedia jasa Carter Pendaki ini memberlakukan batasan jam penjemputan. Misalnya saat turun dari Gunung Lawu, waktu maksimal penjemputan adalah jam 5 sore. Jika anda turun melewati jam tersebut maka akan ada penalti yang dihitung per jamnya.

Cara Menuju Gunung Lawu dengan Open Trip

Atau ikut open trip aja. Sekarang banyak banget yang membuka jasa open trip pendakian Gunung Lawu dengan meeting point dari Jakarta.

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 600 ribuan. Mungkin ada juga yang menyediakan Open Trip Gunung Lawu dengan harga dibawah itu.

Biasanya harga yang ditawarkan oleh penyedia Open Trip Gunung Lawu ini sudah termasuk transportasi dari meeting point ke basecamp, tiket masuk untuk pendakian, makan selama di gunung, tenda, alat masak dan makan, porter, sweeper dan team leader.

Cara Menuju Gunung Lawu dengan Naik Pesawat

Mungkin ini bisa jadi pilihan bagi yang punya banyak uang alias kaum sultan. Bandara terdekatnya yaitu Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Jarak dari bandara tersebut ke basecamp Gunung Lawu sekitar 64 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Dari Bandara Adi Soemarmo menuju basecamp Gunung Lawu, anda bisa menggunakan jasa carter atau sewa mobil. Tarifnya mulai dari Rp 450 ribu sekali jalan. Anda kan sultan, masa habis turun dari pesawat dilanjutkan ngeteng ke basecamp, hehe..

Itulah berbagai Cara Menuju Gunung Lawu dari Jakarta. Anda mau pilih yang mana? Silahkan pilih sesuai dengan keinginan anda dan tentu saja sesuaikan dengan isi kantong anda. Hehe..

Leave a Reply