(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Review Homestay Puspa Indah Syariah Dieng

Homestay Puspa Indah Syariah adalah salah satu dari sekian banyaknya homestay yang tersedia di Kawasan Dieng. Saat liburan ke Dieng di akhir tahun 2019, kami berkesempatan untuk menginap satu malam disini.

Homestay Puspa Indah Syariah berlokasi di Komplek Candi Arjuna, Jalan Raya Dieng No.15, Dieng Kulon, Batur, Karangsari, Banjarnegara, Jawa Tengah. Lengkap banget alamat yak! Untuk mempermudah saat anda mencarinya, silahkan lihat maps di bawah ini ya

Sebelumnya kami tidak berencana untuk menginap disini. Rencana awal kami ialah menginap di homestay yang ada di Kawasan Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Sebab esok dini harinya, kami hendak mengincar matahari terbit di Bukit Sikunir yang berdekatan dengan Desa Sembungan.

Terus mengapa bisa jadi menginap disini?

Ceritanya saya menghubungi Mas Hakam, beliau adalah salah satu penyedia jasa rental kendaraan di Dieng. Selain menyewakan kendaraan, Mas Hakam juga bekerja untuk homestay ini.

Sebelum tiba di Dieng, saya telah sepakat untuk menyewa motor yang disediakan olehnya. Sesampainya di Dieng, kami menuju ke Homestay Puspa Indah Syariah yang lokasinya berdekatan dengan Komplek Candi Arjuna. Kami kesini untuk mengambil motor yang akan kami gunakan selama di Dieng.

Mas Hakam pun datang membawa motor yang akan kami sewa. Setelah ngobrol ngalor ngidul kesana kemari, Mas Hakam menawarkan kamar yang masih tersedia di homestaynya.

“berapa semalam?” tanya saya

“biasanya Rp 200 – 250 ribu, tapi sekarang lagi high season jadi Rp 350 ribu” jawab Mas Hakam

“waduh, saya cuma punya budget Rp 250 ribu untuk menginap, tidak lebih dari itu”

“tunggu sebentar, sepertinya kamar di atas masih kosong, kalau kamar itu harganya Rp 250 ribu”

Ia pun mengonfirmasikan status kamar tersebut kepada Mbak Yati yang bertugas menjaga/mengelola homestay ini.

“kamarnya masih kosong, mas. Masnya dan istri boleh istirahat aja dulu sebelum lanjut keliling Dieng”

Kemudian Mas Hakam membantu kami membawa barang bawaan kami yang cukup banyak itu ke lantai dua homestay yang dijadikan sebagai ruang aula atau pertemuan.

Lantai dua yang dijadikan sebagai ruang pertemuan atau aula

Tapi kami harus menunggu hingga jam satu untuk masuk ke dalam kamar. Kami pun menitipkan barang – barang bawaan kami, karena kami ingin segera memulai petualangan di Dieng.

Itulah cerita mengapa kami jadi menginap disini. Penting gag sih buat diceritain?

Fasilitas Homestay Puspa Indah Syariah Dieng

Homestay ini terdiri dari dua lantai dan satu lantai mezanine. Di lantai bawah terdapat meja resepsionis, ruang kumpul keluarga, dapur yang dilengkapi dengan dispenser serta alat masak, serta 6 kamar.

Ruang kumpul keluarga
Dapur

Sedangkan di lantai atas ada 1 kamar, ruang aula yang dilengkapi dengan sound system, mini bar, mushala, dan toilet. Di lantai mezzanine-nya, terdapat 4 kamar tipe kapsul yang ditujukan bagi solo traveler.

Mushala dan tempat wudhu di lantai atas
Kamar kapsul, cocok buat solo traveler
Teras di lantai atas

Jadi secara singkat homestay ini memiliki total 7 kamar serta 4 kamar tipe kapsul. Di tiap kamarnya yang ada di lantai bawah sudah terdapat TV layar datar dan kamar mandi di dalam. Kalau di kamar atas yang kami tempati, tidak ada TV-nya, mungkin itu yang bikin harganya jadi lebih murah. Lagian siapa yang butuh TV di saat kami hanya membutuhkan kamar hanya untuk sekedar meluruskan punggung dan tertidur dalam pelukan dinginnya udara Dieng.

TV-nya belum ada atau emang gag dipasang ?

Kondisi Kamar

Setelah makan siang di Restaurant Bu Djono, kami kembali ke homestay untuk check in dan memasukan barang bawaan ke dalam kamar.

Baca juga : Makan Siang di Dieng, Ke Restaurant Bu Djono Aja

Kamar yang kami tempati menggunakan Kasur double bed ukuran queen, cocok untuk pasangan suami istri seperti kami. Di atas Kasur telah tersedia selimut dalam keadaan rapi.

Di kamar ada kasur double bed, meja rias kecil dan cermin

Lantainya pun bersih, kemudian kami perhatikan kamar mandinya. Ada shower, satu ember kecil dilengkapi gayung dan WC jongkok. Tersedia air hangat di kamar mandi ini, tapi yang kami rasakan waktu itu tidak begitu terasa hangatnya.

Tidak tersedia handuk dan printilan ala – ala hotel seperti sabun, sampo, odol kecil dan sikat gigi. Jadi untuk perlengkapan mandi, mohon dibawa sendiri ya.

Rupanya langit mendung yang sedari tadi menggantung di Dieng kini telah mengguyurkan air hujan yang amat deras. Membuat kami “terpaksa” betah di dalam kamar, rasa kantuk pun mendera. Mungkin karena rasa lelah usai perjalanan naik bus dari Jakarta – Wonosobo dilanjutkan sampai ke Dieng. Kami pun tertidur di siang itu dengan lelap.

Harga Sewa Kamar

Di hari biasa kamar di homestay ini disewa dengan harga Rp 200 – 250 ribu, saat high season seperti liburan natal dan tahun baru, hari raya makan harganya menjadi Rp 250 – 350 ribu

Contact Person

Homestay ini merupakan salah satu homestay favorit di Dieng. Di Google review nilainya lebih dari 4, itu merupakan pertanda bagus. Selain itu lokasinya yang agak masuk ke dalam dari jalan raya namun dekat dengan kompleks Candi Arjuna, membuat banyak wisatawan yang ingin menginap disini.

Buat ke tempat wisata dekat, tapi kalau mau istirahat senyap (karena tidak dekat dengan jalan raya) kan perpaduan yang pas untuk istirahat.

Agar kamu tidak kehabisan kamar, baiknya kamu hubungi contact person homestay di bawah ini

Mas Hakam, 0852-2515-2221

1 Response