Restaurant Bu Djono Dieng Selalu Menyajikan Makanan yang Fresh

restoran bu djono dieng

Sebuah bangunan dua lantai yang sudah agak tua berdiri tepat di depan tembok welcome to Dieng. Nama bangunan itu ialah Losmen dan Restaurant Bu Djono. Sesuai namanya bangunan ini memiliki dua fungsi sekaligus. Di lantai bawah digunakan sebagai restaurant sedangkan lantai atas terdapat kamar – kamar sebagai tempat menginap wisatawan.

Namanya sangat populer di kalangan wisatawan dan banyak sekali yang merekomendasikan. Bisa dikatakan ia adalah salah satu pionir homestay di Dieng. Namanya bahkan tertulis dalam buku panduan wisata yang menjadi pegangan traveler mancanegara, Lonely Planet.

Losmen Bu Djono menyediakan 10 kamar untuk disewakan. Terdapat 2 tipe kamar yang bisa dipilih yaitu tipe kamar standard (kamar mandi luar) dan tipe kamar VIP (kamar mandi dalam). Harga sewa kamarnya murah banget, untuk kamar standar Rp 100 ribu sedangkan untuk kamar VIP Rp 200 ribu. Saat high season seperti liburan akhir tahun atau Hari Raya, tarif kamar akan dinaikan sebesar Rp 25 ribu.

Tapi kami tidak menginap disini, meski demikian Restaurant Bu Djono selalu menjadi tempat bagi kami untuk mengisi perut di kala waktu makan siang selama kami liburan di Dieng.

Mengapa?

Karena menu makanannya yang beragam, harganya yang bersahabat dan yang terpenting adalah makanan yang kami pesan selalu disajikan dalam keadaan fresh dan hangat.

daftar harga dan menu restaurant bu djono
Daftar harga dan menu yang disediakan oleh restaurant bu djono

Seorang bapak yang usianya telah lebih dari separuh abad selalu menyapa dengan ramah tiap kali kami datang kesini.

“suka makan disini ya, mas” sapa bapak itu

“iya, pak, makanannya enak – enak, saya dan istri suka” jawab saya

“kami memang beda dari tempat lain, mas. Kami baru membuat makanan hanya saat makanan itu dipesan, jadi makanan yang kami sajikan selalu fresh. Ya, walau harus sedikit sabar untuk menunggu”

 Di lihat dari daftar makanan dan minuman yang ada di menunya, Restaurant Bu Djono memiliki pilihan yang beragam lengkap dengan daftar harganya. Jadi makanan yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera dan isi kantong.

Kami telah mencicipi beberapa menu Restaurant Bu Djono

Di hari pertama kami memesan Bakmi Goreng Ayam, Ayam Bakar, dan Sop Sayur

Bakmi goreng ayam yang ternyata dibuat dari Indomie goreng
Ayam bakar dan nasi putih
Sop sayur dan teh jahe

Sedangkan di hari kedua pesanan kami ialah Ayam Bakar, Soup Ayam dan Nasi Goreng Spesial.

Sesuai kata bapak tadi, semua makanan yang kami pesan disajikan dalam keadaan hangat dan baru saja dimasak. Meski memang dibutuhkan waktu yang lebih untuk menunggu hingga makanan siap untuk disantap.

Kalau lagi bosan menunggu, kita bisa melihat – lihat foto – foto beberapa objek wisata yang ada di Dieng yang terpampang pada dinding resto. Atau coba iseng menengok termometer raksa yang juga terpasang di tembok. Siang itu suhu ruangan yang terlihat pada termometer ini ialah 19 derajat celcius. Jadi resto ini gag perlu pakai AC sudah adem ya! Garing, krik krik.

Sekarang, saya ingin mengulik menu – menu makanan Restaurant Bu Djono yang sudah saya cicipi satu per satu.

Ayam bakar. Rasanya enak, bumbunya meresap hingga ke dalam, dibalur kecap manis yang cukup kental. Sebagai teman makannya, disediakan juga sambal colek dengan cita rasa yang amat pedas.

Bakmi goreng ayam. Rasanya enak, lha Wong menggunakan Indomie Goreng yang dinobatkan sebagai salah satu mie terenak di dunia tahun 2019. Mie ditabur bawang goreng renyah serta suwir – suwir daging ayam.

Soup sayur. Gurihnya pas, di dalamnya ada potongan – potongan sayur yang didominasi oleh wortel dan kentang. Kalau kamu pesan ini, rasanya gag perlu tambahan nasi putih karena sudah mengenyangkan.

Soup Ayam. Sama seperti soup sayur, yang membedakan ialah adanya daging ayam yang cukup banyak.

Sop ayam

Nasi Goreng Special. Terdiri dari nasi goreng, telur, ayam suwir dan jamur. Lengkap banget. Bumbu yang digunakan untuk nasi goreng ini terasa nikmat di lidah.

Nasi goreng spesial ala restaurant bu djono

Untuk minumannya, standard aja ya. Kami memesan teh jahe dan teh panas. Kalau mesan kopi atau teh disini, waktu disajikan tidak menggunakan gula. Gula disediakan di tiap meja makan, jadi anda bisa menakar gula sesuai dengan selera.

Oh iya, kalau ke Dieng wajib banget nyobain cemilan tempe kemul. Nah disini juga tersedia, seporsinya yang terdiri dari 5 potong tempe kemul dibanderol Rp 7 ribu

Tempe kemul khas Dieng

Bagi anda yang datang bersama rombongan Restaurant Bu Djono juga bisa dipesan sebagai tempat makan bersama. Harganya dihitung per pax berdasarkan jenis lauk yang anda dan rombongan tentukan.

Kami sangat merekomendasikan restaurant ini sebagai salah satu tempat untuk menuntaskan rasa lapar anda usai menjelajahi kawasan wisata Dieng.

Lokasi, silahkan lihat maps di bawah ini ya.

Untuk informasi dan reservasi menginap disini, selengkapnya ada di tautan bawah ini ya

Losmen Bu Djono

Contact Person

Atau bisa juga langsung menghubungi ke contact person-nya di bawah ini

Pak Kelik Losmen Bu Djono 085226645669

You may also like...

(1) Comment

  1. Review Homestay Puspa Indah Syariah Dieng – Triptofun

    […] Baca juga : Makan Siang di Dieng, Ke Restaurant Bu Djono Aja […]

Comments are closed.