(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Maksud Hati Ingin ke Mangga Besar Apa Daya Malah ke Belitung

Judul macam apa itu?

Artikel kali ini ga pakai Teknik SEO – SEOan ya.

Tulisan ini ditujukan hanya untuk mengenang cerita yang amat sayang jika tidak dituliskan.

Cerita di mulai 2 minggu lalu, ketika itu Pak Teguh Sudarisman yang tiga tahun ini aktif memberikan workshop membuat video dengan smartphone, dalam laman facebooknya memposting sebuah undangan untuk mengikuti acara dengan tema Blogger Burger yang berlangsung di JoesGrillBurgerBar, Swiss BelHotel Mangga Besar.

Pengumuman acara Blogger Burger

Awalnya saya ragu untuk ikutan sebab peserta yang terpilih terbatas hanya untuk 20 orang, selain itu saya khawatir dengan jadwal yang bisa saja bentrok dengan agenda saya di akhir pekan.

Setelah memastikan bahwa saya tidak agenda di tanggal tersebut, saya baru mendaftar di link pendaftaran. Setelah mengisi google form-nya. Berdo’a saja, siapa tahu saya terpilih untuk mengikuti acara ini.

5 hari sebelum acara berlangsung, saya diundang dalam sebuah group WhatsApp oleh Pak Teguh. Group tersebut berisikan peserta yang dinyatakan terpilih untuk mengikuti acara.

Sehari sebelum acara berlangsung, Pak Teguh memberikan beberapa instruksi seperti menginstall aplikasi Kinemaster untuk membuat atau mengedit video, serta perlengkapan apa saja yang bisa dibawa guna menunjang saat merekam video.

Oh iya, Pak Teguh juga memberikan kode promo untuk penggunaan fasilitas Premium pada Kinemaster yang berlaku untuk satu bulan. Lumayan kan?

Ondeh mandeh, Kinemaster. Apa lagi itu?

Honestly, sebelumnya saya sudah mengikuti workshop pembuatan video menggunakan smartphone dengan Pak Teguh sebagai pematerinya. Namun aplikasi yang digunakan saat itu ialah Power Director. Nah, sekarang yang akan dipakai Kinemaster.

Tentu saja ini membuat saya terpaksa harus belajar lagi aplikasi yang baru.

Jum’at malam sehabis pulang kerja, saya mencoba untuk mempelajari fitur – fitur yang ada di Kinemaster. Selain itu saya juga melihat tutorial penggunaan Kinemaster yang ada di Youtube.

Karena sudah ngantuk, saya tinggal tidur. Lalu terbangun lagi jam 03.15, saya pelajari lagi Kinemaster. Pokoknya yang basic-nya saja.

Saya ingat dosen Hidrodinamika saya pernah berkata “basic itu penting”

Saya pahami dan renungi dalam – dalam perkataan dosen saya itu, hingga jadilah saya seorang Hydrodynamic Engineer di sebuah perusahaan multinasional selama 7 tahun ini.

Wah, mulai deh ngalor ngidul tulisannya.

Basic dari penggunaan aplikasi pengedit video itu apa aja sih?

Setidaknya menurut saya itu ialah memilih video yang mau diedit, trim (memotong video), memasukan musik dalam video, memasukan text, dan memberikan efek transisi untuk video yang bertukar scene-nya. Intinya video yang kita buat pesannya masuk kepada orang yang melihatnya.

 Setelah mempelajari beberapa fitur pada Kinemaster. Kemudian saya mulai memikirkan video apa yang mau dibuat?

Karena tema acara ini adalah Blogger Burger pastinya yang akan ditonjolkan nantinya ialah burger. Dalam benak saya sudah terpikirkan akan ada demo masak burger setidaknya 1 – 2 burger yang menjadi menu andalan JoesGrillBurgerBar. Dan pastinya ada burger lainnya yang sudah jadi tanpa dipertunjukan demo masaknya. Itu yang ada dalam pikiran saya.

Kemudian saya mencari inspirasi, bagaimana cara membuat video tentang burger. Tentu saja lewat Youtube.

Saya catat apa saja yang nantinya harus saya rekam diantaranya ialah pada saat patty diolah mulai dari seasoning, disiram minyak goreng atau minyak zaitun dan saat ia digoreng atau dipanggang. Lalu saat burger itu mulai disusun bentuknya dan tentu saja ketika ia sudah selesai. Sering kita lihat hampir semua food vlogger melakukan adegan ini yaitu muter – muterin piring yang berisikan makanan. Itu juga saya catat.

Malam yang basah beranjak pergi digantikan pagi yang cerah.

Dari rumah saya dibilangan Jagakarsa, saya mengendarai sepeda motor menuju Park and Ride Terminal Transjakarta Ragunan. Setelah memarkirkan motor, saya langsung bergegas menuju ke halte Bus Transjakarta.

Setelah tapping kartu, saya menunggu Transjakarta nomor 6A atau 6B yang akan mengantarkan saya hingga Halte Monas. Ternyata yang datang duluan ialah 6B, tujuan Monas namun melewati Jalan Semanggi.

Tiba di Halte Monas, saya lanjut lagi naik Bus Transjakarta yang ke arah Harmoni. Transit lagi di Harmoni untuk menunggu Bus TJ nomor 5H yang ke arah Ancol. Setelah menunggu 10 menit, bus TJ yang dinanti tak kunjung datang.

Tiba – tiba saja datang Bus TJ yang ke arah Pasar Baru. Saya putuskan untuk naik ini saja. Nanti turun di Halte Djuanda dan selanjutnya naik Ojek Online ke lokasi Swiss Belhotel Mangga Besar.

Akhirnya saya tiba 10 menit sebelum acara dimulai.

Total biaya yang saya habiskan untuk sampai ke lokasi acara ialah Rp 7.500, andai saja tadi ada bus 5H saya hanya mengeluarkan Rp 3.500. Sebagai Travel Blogger pas – pasan, saya memang dikenal amat perhitungan. Tanya aja istri saya.

Tepat jam 09.00 acara dimulai, dibuka dengan sambutan Pak Rauf selaku General Manager Swiss Belhotel Mangga Besar.

Pak Rauf sedang memberikan sambutan

Setelah Pak Rauf menyampaikan sambuatan, semua peserta diajak untuk melihat – lihat beragam fasilitas yang dimiliki oleh Swiss Belhotel Mangga Besar. Swiss Belhotel Mangga Besar memiliki beberapa tipe kamar diantaranya kamar Presidential Suite yang berada di lantai paling atas, lalu kamar Executive Suite, dan kamar Deluxe.

Setelah itu kami diajak untuk melihat beragam menu breakfast. Sebagai hotel bintang 4 tentu saja menu breakfast-nya amat beragam. Ada macam – macam kue, pastry, sereal, nasi dengan beragam lauk, menu tradisional seperti tahu gejrot, gado – gado, wedang ronde dan Soto Padang. Semua tersajikan. Jadi pengen nyicip deh. Tapi kayaknya gag dibolehin. Hiks.

Kemudian kami juga diajak untuk melihat ballroom yang ada disini. Swiss Belhotel Mangga Besar memiliki ……, duh saya lupa. Ada berapa ballroom disini. Yang saya ingat hanyalah ballroom terbesar yang diberi nama Jasmine Ballroom. Ballroom ini amatlah besar dan  dapat menampung sebanyak  1500 orang.

Fasilitas kolam renang juga ada disini. Kolam renang-nya indoor jadi ga takut kehitaman deh. Terdapat dua kolam renang yang bisa digunakan. Salah satunya kolam dengan kedalaman air 50 cm. Saat melihat kolam renang tersebut yang terpikirkan oleh saya ialah video saya harus menang, dan saya akan mengajak Fawwaz kesini, pasti dia bakalan senang.

Kolam renang untuk anak – anak

Saya kirim foto kolam renang tersebut ke istri sambil berpesan untuk berdo’a supaya saya menang dan bisa mengajak Fawwaz main kesini.

Fasilitas terakhir yang kami lihat ialah fitness room ada beberapa alat fitness yang bisa digunakan untuk menjaga kebugaran anda diantaranya tread mill dan.. dan apa ya? Saya bukan anak fitness jadi ga tahu nama alat – alatnya.

Setelah melihat beragam fasilitas yang ada di Swiss Belhotel Mangga Besar, kami kembali ke JoesGrillBurgerBar.

Kami mendapatkan Welcome Drink Cranberry bla bla, susah amat namanya ya namanya juga minuman ala hotel bintang 4. Rasanya menyegarkan, pas banget usai diajak keliling hotel. Lidah saya menerka salah satu bahan minuman ini ialah daun sereh.

Usai minum Welcome Drink dan semua peserta telah kembali berkumpul. Acara selanjutnya dimulai yaitu mini workshop Kinemaster yang dipandu oleh Pak Teguh.

Workshop berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Semua peserta terlihat serius menyimak apa saja yang disampaikan oleh Pak Teguh.

Pak Teguh selesai membawakan workshopnya. Kini telah hadir Chef Ahmad Hamdani yang akrab dipanggil Chef Dani yang akan memandu acara masak – masak.

Pada kesempatan kali ini Chef Dani akan melakukan demo masak burger andalan JoesGrillBurgerBar yang diberi nama Texas BBQ Cheeseburger. Tapi sebelumnya Chef Deni juga menyampaikan presentasi singkat mengenai burger ini.

Chef Dani sedang menyampaikan presentasi. Photo Taken by Dudi Iskandar

Eh buset gag kerasa saya sudah menulis lebih dari 1000 kata, biasanya susah banget nulis sepanjang ini.

Lanjut lagi ya.

Chef Dani memperkenalkan apa saja komposisi yang terkandung dalam Texas BBQ Cheeseburger dan mengapa ia bisa dibilang unik dibandingkan burger lain.

Jadi Texas BBQ Cheese Burger ini menggunakan black buns yang terbuat dari tepung berprotein tinggi, ragi, telur, mentega, gula, susu segar dan bubuk arang hitam.

Untuk saus yang digunakan ialah home made bbq sauce.

“saus ini spesial ya, hanya ada disini, saya jamin kalian tidak akan menemukannya di tempat lain” kata Chef Dani

Saus spesial ini terbuat dari saus tomat, jeruk segar, apel hijau, L&P sauce, smoked liquid dan madu.

Lalu untuk patties-nya. Kata Chef Dani dalam setiap patties yang ada dalam burger buatannya terdiri dari 80 hingga 120 gram.

“dijamin bikin kalian kenyang kalau makan ini” terang Chef Dani

Komposisi lainnya bread crumbs, kuning telur, onion seasoning, caramelized onion, lettuce, dan dua helai keju.

Setelah presentasi, Chef Dani langsung demo masak. Semua peserta maju ke depan mendekati meja Chef Dani untuk merekam video. Begitu pun dengan saya. Saya merekam mulai dari Chef Dani memanggang black buns hingga ia menyusun burger hingga selesai.

Semua peserta sibuk merekam demo masak. Photo taken by Dudi Iskandar
Ada saya tuh lagi asik ngerekam. Photo taken by Dudi Iskandar

Setelah Texas BBQ Cheese Burger selesai ia buat, ia juga memamerkan burger lainnya yaitu Auusie Burger dan The Mushroom Plus Beef Burger. Saya rekam satu per satu burger tersebut.

Selesai sudah demo masak yang dipandu Chef Dani, ia pun pamit mengundurkan diri. Setelah itu kami diberi waktu hingga jam 12.45 untuk mengedit dan membuat satu buah video yang wajib diposting di Instagram dengan beragam hashtag yang telah ditentukan.

Saat proses editing video ini pihak penyelenggara juga mempersiapkan beragam menu untuk makan siang peserta diantaranya Texas BBq Cheese burger, Aussie Burger tapi dalam versi mini. Selain itu juga ada fettucini dan pasta.

Saya tak bergeming, soalnya dimeja saya sudah ada Aussie Burger versi besarnya. Hohoho. Waktu Chef Dani undur diri, Pak Teguh mengambil Texas BBQ Cheese Burger.

“Ayo mas Catur, makan, ambil aja yang ini” kata Pak Teguh

Sebagai murid yang baik, saya patuhi perintah Pak Teguh. Hohoho..

Tapi Aussie Burger yang seharga Rp 130 ribu ini belum saya sentuh. Saya masih fokus untuk menyelesaikan videonya terlebih dahulu.

Aussie burger

Pertama saya buat intronya terlebih dahulu, kemudian saat Chef Dani demo masak, dan video sekilas yang menampilkan burger – burger andalan JoesGrillBurgerBar beserta harganya. Cukup informatif, bukan?

Video pun selesai saya buat, saya langsung mempostingnya ke IG saya @mcaturnugraha, follow dong, nanti saya folback deh. Insya Allah.

Sementara itu Pak Teguh asyik menyantap burger sambil memantau video – video yang sudah masuk melalui layar laptopnya. Sudah ada tiga video yang masuk, salah satunya karya saya.

“wah sudah masuk aja nih punya Mas Catur” kata Pak Teguh

Kemudian beliau memutar video – video yang sudah masuk tersebut. Pak Rauf selaku GM Swiss Belhotel Mangga Besar juga menyaksikan video ini. Selain Pak Teguh, beliau jugalah yang menentukan siapa aja yang jadi pemenangnya.

Karena video saya sudah selesai diupload, baru deh saya mencicipi Aussie Burger. Beneran deh ini burgernya biking kenyang banget. Apalagi saus home made buatan Chef Dani, cita rasanya agak masam namun justru bikin sensasi segar dimulut.

Seporsi Aussie Burger selesai saya santap, saya menyempatkan untuk mencicipi pasta dan kue – kue dessertnya. Saya takjub dengan kue – kue yang menjadi dessert di Swiss Belhotel Mangga Besar, semuanya enak. Manisnya pas!

Mini burger
kue – kue yang menjadi dessert ini semuanya enak
Spaghetti bolognaise

“sepertinya sudah mulai terjadi saling sikut diantara peserta” kata Pak Teguh saat melihat video – video lainnya masuk.

Satu per satu video diputar.

“Sudah tidak ada lagi yang upload?” tanya Pak Teguh

Peserta terdiam

“baik kita tutup ya”

Kemudian Pak Teguh saling berdiskusi dengan Pak Rauf menentukan siapa yang menjadi pemenangnya.

Pada awal acara Pak Rauf menyampaikan akan ada 5 pemenang yang terdiri dari 1 voucher menginap di Swiss Belhotel Mangga Besar dan 4 voucher makan di JoesGrillBurgerBar sebesar Rp 200 ribu.

Semoga saja saya terpilih untuk mendapatkan voucher menginap di Swiss Belhotel Mangga Besar.

Pengumuman pun disampaikan

Untuk voucher JoesGrillBurgerBar pemenangnya jatuh kepada

@denik.erni

Kemudian

@annie_nugraha

Lalu

@reysannn (wah orang dalam menang juga)

Selanjutnya

@erfanologi

Untuk pemenang voucher menginap di Swiss Belhotel Mangga Besar jatuh kepada

Jeng 

Jeng

Jeng

@innaistantina

Yah, kandas sudah harapan saya membawa Fawwaz berenang disini.

“Kami masih ada tambahan satu pemenang lagi, hadiahnya 1 voucher menginap di Swiss Belresort Belitung”

Dan voucher menginap di Swiss Belresort Belitung jatuh kepada @mcaturnugraha

Hahhh!

Saya ditunjuk sebagai pemenang utama. Masya Allah. Alhamdulillah. Saya tidak pernah menyangka sebelumnya. Harapan saya hanya voucher menginap di Mangga Besar saja itu sudah cukup, malah dapat ke Belitung.

Siapa yang ga bahagia dapat voucher menginap di hotel bintang 5
Foto bersama seluruh pemenang. Photo taken by Dudi Iskandar

By the way, di akhir Maret atau awal April nanti memang saya sudah merencanakan untuk liburan ke Belitung bersama istri dan anak. Saya masih melakukan persiapannya seperti hunting tiket dan memilih penginapan.

Baru rencana, tapi sudah dapat voucher menginap disana, di Swiss Belresort lagi! Yang harga menginap per malamnya itu menghabiskan anggaran rumah tangga kami selama seminggu.

Akhirnya acara ditutup dengan perkenalan seluruh panitia dari pihak Swiss Belhotel Mangga Besar juga JoesGrillBurgerBar dan tentu saja foto bersama seluruh peserta.

Dan saya pulang ke rumah dengan hati yang berbunga – bunga

Terima kasih kepada Pak Teguh Sudarisman yang senantiasa berbagi ilmu. Kepada panitia penyelenggara yang telah memilih saya sebagai salah satu peserta. Seluruh peserta yang telah menjadi teman baru bagi saya. Pak Rauf, GM Swiss Belhotel Mangga Besar yang menunjuk saya sebagai pemenang.

Sekali lagi Terima kasih!

5 Responses

Leave a Reply