(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Pantai Tanjung Kelayang, Titik Awal Saat Island Hopping di Belitung

objek wisata pantai tanjung kelayang

Salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Belitung adalah island hoping atau menjelajahi pulau – pulau kecil eksotis yang berada di bagian utara Belitung. Untuk melakukan ini, wisatawan harus mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang terlebih dahulu.

Pantai Tanjung Kelayang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan dan dapat ditempuh dalam waktu 30 – 45 berkendara.

Kami menjadikan agenda untuk island hoping di hari ketiga kami di Belitung. Setelah puas mengeksplore menu sarapan khas Belitung di Warung Tenda Biru. Kami kembali ke hotel, mempersiapkan segala keperluan untuk bermain di pulau.

Sebelum ke Pantai Tanjung Kelayang, saya menghubungi Pak Fuji, beliau adalah salah satu penyedia jasa kapal wisata disana. Saya sudah mengenal beliau sejak 4 tahun yang lalu. Layanannya selalu prima dan tidak pernah mengecewakan.

Setelah Pak Fuji memastikan bisa menemani kami menjelajahi pulau – pulau di utara Belitung, barulah kami berangkat ke Pantai Tanjung Kelayang.

Perjalanan berjalan sangat lancar. Tiba di persimpangan Tanjung Kelayang, saya ke arah kiri. Dari simpang tersebut, Pantai Tanjung Kelayang sudah sangat dekat. Tiba – tiba saja ada motor yang mendekati kami. Pengendara motor tersebut adalah salah satu pemiliki kapal di Tanjung Kelayang. Ia menawarkan jasanya kepada kami. Namun, kami kan sudah ada Pak Fuji.

Pasir Putih dan Ombak yang Tenang

Meski hanya sebagai tempat transit bagi wisatawan, namun pantai ini sebenarnya cantik juga lho. Pantai Tanjung Kelayang punya pasir pantai yang putih dan halus, selain itu ombak di pantai ini relatif tenang sehingga aman kalau mau main air disini bersama anak – anak. Ombak yang tenang ini juga yang sepertinya membuat para penyedia jasa kapal wisata memarkirkan kapal – kapalnya.

kapal wisata pantai tanjung kelayang
Kapal – kapal wisata berjejer menanti kehadiran wisatawan di Pantai Tanjung Kelayang

Tepat di depan pantai ini terdapat Pulau Kelayang dan Pulau Batu Garuda, kedua pulau ini seperti menjadi pemecah gelombang alami bagi pantai yang memiliki panjang sekitar 4 kilometer hingga ke sisi timur Pantai Tanjung Tinggi.

Pulau Batu Garuda yang berada tepat di depan Pantai Tanjung Kelayang

Jejeran pohon kelapa juga menghiasi pulau ini, tak ketinggalan batu – batu granit dengan beraneka ukuran juga tersebar di beberapa sisi pantai.

Nama Kelayang

Kalau anda pernah belajar ilmu Geografi pastinya tahu pengertian dari Tanjung. Secara singkat Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Sedangkan Kelayang ialah sebutan bagi warga lokal untuk burung walet yang banyak ditemukan di sekitar pantai ini.

Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus

Masyarakat sekitar Pantai Tanjung Kelayang boleh berbangga hati, sebab Kawasan ini ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai Kawasan Ekonomi Khusus melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016.

KEK Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai KEK Pariwisata. Ia memiliki keunggulan geostrategis, uaitu terletak di antara Indonesia dan negara ASEAN yang merupakan target captive market.

KEK Tanjung Kelayang juga termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas atau biasa disebut dengan 10 Bali Baru.

Informasi yang lebih lengkap mengenai KEK Tanjung Kelayang bisa diklik disini

Banyak Spot Foto Menarik

Selain sebagai tempat untuk transit sebelum naik ke kapal, Pantai Tanjung Kelayang juga tempat yang asik untuk berburu foto.

Biasanya wisatawan akan berfoto ria dengan latar tulisan Tanjung Kelayang berwarna – warni. Atau banyak juga yang berfoto dengan latar tulisan Welcome To Belitung

Tulisan Tanjung Kelayang berwarna – warni menjadi spot yang menarik bagi wisatawan
wisatawan mengunjungi pantai tanjung kelayang
Atau bisa juga di tulisan Welcome to Belitong

Fasilitas

Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tentunya harus diriingi dengan sarana dan prasana penunjang aktivitas wisata.

Disini terdapat area parkir kendaraan yang luas dan dapat menampung kendaraan wisatawan. Café atau tempat makan yang sederhana juga tersedia disini. Begitu pun dengan fasilitas mushala dan toilet.

Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Kelayang cukup lengkap.

Sewa Kapal di Tanjung Kelayang

Seperti yang disebutkan diawal, Pantai Tanjung Kelayang adalah tempat bagi para penyedia kapal wisata memarkirkan kapalnya serta menawarkannya kepada wisatawan yang datang kesini.

Lantas berapa tarif yang dikenakan untuk wisatawan jika ingin menjelajahi pulau – pulau yang ada disekitar sana?

Tarif kapal ditentukan dari ukuran kapal yang akan anda sewa. Untuk kapal berukuran kecil harga sewanya mulai dari Rp 400 ribu, sedangkan kapal berukuran besar mulai dari Rp 800 ribu. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah pesertanya.

pantai tanjung kelayang di pulau belitung
Harga sewa kapal di Pantai Tanjung Kelayang tergantung besar ukuran kapal

Biasanya pemilik kapal juga menyewakan jaket pelampung, google dan fin atau kaki katak. Tiap item-nya disewa mulai dari Rp 20 ribu. Untuk perihal sewa alat snorkeling ini terserah anda. Tapi rasanya sayang banget sudah menjelajahi pulau di Belitung tanpa snorkeling. Terumbu karang di perairan ini kondisinya bagus banget lho!

Kembali ke Cerita

Setelah tiba di Tanjung Kelayang, ternyata Pak Fuji sudah menunggu kehadiran kami.

“mau langsung naik atau mau salin baju dulu” tanya Pak Fuji

“saya mau ganti baju anak dulu”

Fawwaz pun berganti pakaian, padahal waktu kesini bajunya seragam dengan saya. Tapi daripada repot ganti pas sudah sampai pulau, lebih baik salin disini.

Setelah dirasa siap semuanya, kami pun naik ke kapal Pak Fuji yang diberi nama KM Empat Putra. Kapal ini punya mesin penggerak sebesar 40 PK, jadi bisa menerobos gelombang perairan disini.

Nantinya kami akan mengunjungi Pulau Batu Garuda, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Kelayang.

Cerita Bersambung.

Pantai Lainnya di Belitung

Pantai Serdang

Leave a Reply