(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

17 Obyek Wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

obyek wisata taman nasional gunung gede pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Siapa yang tak kenal dengannya? Terutama bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Kemudahan akses dari Jakarta, Bogor dan Sukabumi membuat taman nasional ini tersohor.

Ribuan pendaki, tua-muda, lelaki-perempuan telah menjejakan kakinya baik itu di Puncak Gunung Gede atau Puncak Gunung Pangrango. .

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menampilkan bentang alam dataran tinggi Jawa Barat yang sempurna.  Mengunjungi taman nasional ini anda akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah dengan udara yang segar dan bersih. Cocok bagi anda yang ingin sejenak keluar dari penjara bernama rutinitas.

Selain Puncak Gunung Gede dan Puncak Gunung Pangrango, kawasan ini memiliki banyak spot menarik yang bisa anda kunjungi. Berikut ini adalah daftarnya.

  1. Telaga Biru

Memiliki luas sekitar 5 hektar, berada di ketinggian 1535 mdpl.  Jaraknya sekitar 1,5 km perjalanan dari pintu masuk Cibodas, airnya berwarna biru karena pengaruh jenis ganggang biru.

Di seberang Telaga Biru terdapat pos untuk beristirahat bagi pengunjung dan pendaki. Terdapat juga sungai kecil yang airnya mengalir jernih.

wisata taman nasional gunung gede pangrango telaga biru
Telaga Biru, salah satu pesona yang dimiliki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sumber : IG @siska_irfiyanti
  1. Rawa Gayonggong

Merupakan rawa yang terbentuk dari kawah mati dan menampung air dari daerah yang lebih tinggi. Terdapat jembatan penghubung yang memudahkan pengunjung melewati rawa ini. Jika cuaca cerah dari sini kita bisa menyaksikan puncak Gunung Pangrango.

Perlu diketahui lokasi ini merupakan perlintasan macan tutul (Panthera pardus)!

Jembatan Rawa Gayonggong Sumber : IG @ehamz
  1. Air Terjun Cibeureum

Air terjun ini berada di ketinggian 1625 mdpl dengan jarak sekitar 2,8 km dan dapat ditempuh dalam 1 jam perjalanan dari pintu masuk Cibodas.

Di kawasan ini selain Air Terjun Cibeureum juga terdapat 2 air terjun lainnya yaitu Air Terjun Cikundul dan Air Terjun Cidendeng.

obyek wisata air terjun cibeureum
Air Terjun Cibeureum
  1. Air Panas

Air panas berada di ketinggian 2.150 mdpl dengan jarak sekitar 5,3 km dari pintu masuk Cibodas. Terletak  berdampingan dengan jalur pendakian sehingga sering dimanfaatkan untuk istirahat. Suhu air mencapai 75 derajat Celcius dan banyak mengandung belerang.

Air panas ini bersumber dari kawah Gunung Gede. Air ini dipanaskan oleh lava yang berada di bawah permukaan tanah yang mengalir sejak letusan Gunung Gede pada tahun 1747.

Air panas yang bersisian langsung dengan jalur pendakian. Sumber : IG @mbhoet_una

Dibutuhkan kehati – hatian saat melewati jalur air panas ini, sebab bebatuan di jalur ini sangatlah licin. Dan asap yang berasal dari uap air panas seringkali mengaburkan pandangan.

  1. Puncak dan Kawah Gunung Gede

Berada di ketinggian 2958 mdpl dengan jarak sekitar 9,7 km dari pintu masuk Cibodas. Puncak Gunung Gede merupakan tempat yang asik untuk melihat matahari terbit dan terbenam serta pemandangan hamparan kota Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Tugu sebagai tanda puncak Gunung Gede 2.958 mdpl
  1. Puncak Gunung Pangrango

Berada di ketinggian 3019 mdpl sekitar 3 km 3 jam perjalanan dari kandang badak atau 11 km yang dapat ditempuh dala waktu 6,5 jam dari pintu masuk Cibodas.

Puncak Gunung Pangrango. Sumber : IG @putri_rahmawati1

Berbeda dengan Puncak Gunung Gede, Puncak Gunung Pangrango tidaklah luas dan tidak juga memiliki pemandangan yang lepas. Puncak gunung ini ditandai oleh sebuah tugu dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Pendaki yang telah mencapai puncak ini biasa mengabadikan dirinya disini.

  1. Air Terjun Cibeureum Selabintana

Berada di ketinggian 1.350 mdpl, dengan jarak 2,4 km  dan dapat ditempuh dalam waktu 40 menit perjalanan dari pintu masuk Selabintana.

Curug Cibeureum di resort Selabintana. Sumber : IG @papacecan
  1. Air Terjun Sawer

Berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan jarak 1,95 km/1 jam  perjalanan dari pintu masuk Situ Gunung.

Adanya jembatan gantung di kawasan Situ Gunung membuat air terjun ini semakin mudah untuk dikunjungi karena jembatan tersebut mempersingkat waktu perjalanan menjadi 20 menit saja.

curug sawer taman nasional gunung gede pangrango
Curug Sawer yang berada di kawasan Situ Gunung

Selain Air Terjun Sawer, di kawasan Situ Gunung juga terdapat Air Terjun Cimanaracun yang terletak di pinggiran Danau Situ Gunung. Namun air terjun ini relative kecil sehingga kurang menarik untuk dikunjungi.

  1. Kandang Batu

Berada di ketinggian 2.200 mdpl dengan jarak sekitar 5,6 km dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 Jam perjalanan dari pintu masuk Cibodas.

Terdapat sungai kecil yang bisa dijadikan sebagai sumber air.

Suasana di Kandang Batu. Sumber : IG @zoeldt
  1. Kandang Badak

Berada di ketinggian 2.400 mpl dengan jarak sekitar 7,8 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan dari pintu masuk Cibodas. Terdapat persimpangan jalan menuju ke Gunung Pangrango. Lokasi ini merupakan daerah datar berbentuk tabel pelana yang menghubungkan puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Persimpangan di Kandang Badak. Sumber : IG @aganto_seno

Pendaki yang hendak menuju puncak Gunung Gede atau Gunung Pangrango yang melalui Jalur Cibodas biasanya berkemah disini. Terdapat sumber air bersih yang melimpah.

Pos Kandang Badak, biasa dijadikan sebagai tempat bermalam bagi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanannya ke Puncak Pangrango atau Gede. Sumber : IG @aganto_seno
  1. Alun – alun Surya Kencana

Berada di ketinggian 2.750 mdpl dengan jarak sekitar 11,8 km dari pintu masuk Cibodas. Ia merupakan daerah datar berupa padang rumput pegununungan yang menghubungkan Gunung Gemuruh dan Gunung Gede.

Pendaki yang menuju ke puncak Gunung Gede melalui jalur Gunung Putri biasanya akan berkemah disini terutama di bagian barat.

Suasana di Alun – alun Surya Kencana saat kabut tebal mulai turun

Di musim hujan terdapat sungai kecil yang mengalir yang bisa dijadikan sumber air minum, tapi sebelum diminum sebaiknya di masak terlebih dahulu.

Alun – alun Surya Kencana adalah salah satu tempat di Indonesia yang dihiasi oleh bunga edelweiss. Di sore hari anda bisa menyaksikan panorama matahari terbenam. Indah sekali.

  1. Alun – alun Mandalawangi

Tak jauh dari puncak Gunung Pangrango terdapat sebuah tempat datar yang dihiasi oleh bunga edelweiss namanya Alun – alun Mandalawangi. Tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat berkemah oleh pendaki.

Alun – alun Mandalawangi yang tak jauh dari puncak Pangrango. Sumber : IG @yuanjinhuang

Namun jika ingin berkemah disini butuh perjuangan yang cukup berat karena jalur pendakian dari Kandang Badak menuju puncak Gunung Pangrango tidaklah mudah. Di jalur tersebut seringkali ditemukan pohon tumbang sehingga anda harus mengolongi atau memanjat pohon tersebut.

  1. Selabintana

Terdapat air terjun dan bumi perkemahan

Bumi perkemahan di resort Selabintana. Sumber : IG @alviantsisca
  1. Taman Wisata Situ Gunung

Terdapat danau, air terjun dan tempat berkemah. Saat ini terdapat jembatan gantung yang diklaim sebagai canopy trail terpanjang di Asia Tenggara. Sejak adanya jembatan ini pengunjung Situ Gunung meningkat drastis.

Danau Situ Gunung di pagi hari. Sumber : IG @arifkaser

Situ Gunung juga tempat yang nyaman untuk kemping, meski udaranya sejuk namun tidak sampai menusuk. Terdapat beberapa tempat yang dapat dijadikan untuk kemping. Biasanya tempat kemping tersebut juga disediakan fasilitas MCK.

  1. Bobojong

Merupakan bumi perkemahan yang berlokasi di resort Gunung Putri dengan luas areal 1 ha. Kapasitas bumi perkemahan ini dapat menampung sekitar 100 orang (25 tenda). Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti MCK dan Pondok Pemandangan.

Jadi kalau misalnya anda tak kuat harus trekking hingga ke puncak Gunung Gede, anda bisa kemping saja disini. Suasana dinginnya pegunungan juga bisa dirasakan disini.

  1. Kawasan Pendidikan Konservasi Bodogol

Merupakan tempat fasilitas pendidikan dan pemondokan untuk 40 siswa dan juga terdapat jembatan kanopi antar pohon sepanjang 100 meter.

Di kawasan ini juga terdapat Air Terjun Cikaweni dan Cidaparanten.

Curug Cikaweni. Sumber : IG @tyo_susetyo
  1. Canopy Trail Ciwalen

Canopy trail ini lokasinya sangat dekat dari pintu masuk Cibodas, namun jembatan gantung yang menggunakan pohon rasamala sebagai tiang pancangnya ini tidak sembarangan orang boleh masuk. Anda harus izin dulu kepada petugas dan jumlah pengunjungnya pun dibatasi.

Canopy Trail Ciwalen yang lokasinya dekat dari pintu masuk Cibodas.

Setelah melewati jembatan gantung ini, ikuti jalur yang tersedia. Nantinya anda akan sampai di Air Terjun Ciwalen.

Itulah obyek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sebenarnya dengan luasnya yang mencapai 22.851,03 Ha dan mencakup 3 wilayah kabupaten (Bogor, Cianjur, dan Sukabumi), masih banyak lagi spot menarik yang ada disini.

Baca juga : Panduan Lengkap Berwisata ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Leave a Reply

About Us

Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui.

Recent Works