(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Menginap Semalam di Hotel Grand Hatika, Bintang 4 Termurah di Belitung

menginap di hotel grand hatika

Setelah menikmati kenyaman dan kemewahan di Swiss Belresort Tanjung Binga. Kali ini, di hari kelima kami di Belitung, kami memilih Hotel Grand Hatika sebagai tempat menginap. Kami telah melakukan pemesanan secara online sebulan lalu lewat booking.com. Harga yang kami dapatkan murah banget untuk kamar standard sekelas hotel bintang 4 yaitu Rp 333 ribu per malamnya. Harga ini sudah termasuk dengan sarapan untuk 2 orang lho!

Dengan mengendarai sepeda motor, dari Swiss Belresort Tanjung Binga kami menuju ke Hotel Grand Hatika yang lokasinya berada di Jalan Kemuning A.16, Tanjung Pandan. Posisi hotel ini tepat di depan Kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam.

bangunan hotel grand hatika belitung
Bangunan Hotel Grand Hatika

Kami tiba di Hotel Grand Hatika tepat jam 3 sore. Seorang petugas dengan sigap  langsung membantu menurunkan barang bawaan dan membawanya ke area lobby.

Lobby hotel

Kemudian saya melakukan proses check in. Kami pun mendapatkan kunci kamar dan 2 lembar voucher breakfast untuk keesokan harinya di Kemuning Restaurant.

Saya lupa nomor kamar yang kami tempati, yang jelas ia berada di lantai 2. Kamar yang saya pilih ialah kamar standard no view alias tanpa jendela. Kamar ini merupakan kamar dengan harga termurah di Hotel Grand Hatika.

Secara keseluruhan hotel ini memiliki 153 kamar dengan berbagai tipe yaitu 16 standard twin, 14 superior twin, 53 grand superior twin room, 26 deluxe double room,  6 deluxe twin room, 29 executive room, 3 family rooms, 2 grand family room dan 1 penthouse rooms yang menjadi kamar dengan kelas termahal.

Saat hendak memasuki kamar, seorang petugas hotel datang menghampiri sembari membawa vacuum cleaner.

“maaf, pak. Kamarnya saya bersihkan dulu”

“oke, silahkan”

Rupanya kamar yang hendak kami tempati belum selesai dibersihkan, padahal kami tiba di hotel lewat jam 2 siang dimana seharusnya kamar hotel sudah siap ditempati oleh tamu yang check in.

“baik, pak. Kamarnya sudah siap”

Tapi tunggu dulu, kami masih mencium aroma kurang sedap yang tidak kami sukai yaitu asap rokok. Kami pun meminta petugas tersebut untuk menyemprotkan pewangi ruangan.

Akhirnya urusan bersih – bersih kamar selesai dan kami pun bisa memasukinya untuk istirahat. Di dalam kamar yang kami tempati terdapat kamar mandi beserta toiletries, AC split, kulkas mini, telepon, LED TV yang menayangkan siaran lokal dan internasional, lemari pakaian serta brankas mini, hairdryer, sofa dan meja kecil. Oh ya, wifi dari kamar ini speed­­-nya cukup lumayan.

fasilitas kamar hotel grand hatika belitung
Fasilitas di kamar
Toiletries

Usai istirahat sejenak, kami keluar dari hotel untuk makan sore di Rumah Makan Timpo Duluk.

Seharusnya di sore hari kami ingin menikmati suasana santai di Pantai Tanjung Pendam. Pantai ini merupakan salah satu spot untuk menyaksikan panorama matahari terbenam di Belitung. Sayangnya, Pemerintah Kabupaten Belitung saat itu menutup akses masuk ke Kawasan wisata ini untuk pencegahan penularan Virus Covid 19. Alhasil, sore itu kami hanya sekedar duduk – duduk di tepian kolam renang dengan suasana hotel yang amat sepi.

kolam renang hotel grand hatika belitung
Kolam renang hotel

Sarapan Pagi di Kamar

Malam hari saat kami sedang bersantai, kami mendapatkan telpon dari pihak hotel yang mengabarkan jika sarapan di Kemuning Restaurant ditiadakan. Sebagai gantinya pihak hotel akan mengantarkan sarapan ke kamar.

Saya maklum saja sebab memang tamu yang menginap malam itu sedikit sekali, saking sedikitnya jari jemari saya masih mampu menghitungnya.

Tepat jam 6 pagi, petugas hotel mengetuk pintu. Ia membawa sarapan untuk kami dengan menggunakan trolley.

Inilah sarapan kami di kamar kala itu (lihat foto di bawah). Lengkap banget kan? Ada nasi goreng, roti, sop ayam, potongan buah, sereal, susu, jus jambu dan teh hangat. Saya sangat mengapresiasi langkah yang diambil pihak hotel untuk tetap menjamu tamunya dengan baik meski di masa yang sedang sulit.

Sarapan pagi di kamar

Fasilitas Hotel Grand Hatika Belitung

Sebagai hotel bintang 4, tentunya Hotel Grand Hatika ini memiliki fasilitas yang lengkap guna menunjang aktivitas para tamu yang menginap disini.

Fasilitas tersebut diantaranya layanan kamar 24 jam, Kemuning Restaurant yang sayangnya tidak dapat kami rasakan suasananya kala itu, lobby, fitness center, kolam renang terbuka, laundry service, ballroom dan meeting room untuk menggelar berbagai acara pertemuan dengan kapasitas cukup besar. Bar and coffee shop, business center, wifi di area publuk, ATM Gallery, leafy mini market, roof top untuk menyaksikan panorama Pantai Tanjung Pendam, area parkir yang sangat luas.

Playground untuk anak – anak
kemuning restaurant hotel grand hatika
Kemuning Restaurant yang kala itu ditutup

Oh ya, hotel ini juga memiliki kendaraan yang bisa disewa lho! Mulai dari sepeda, mobil, mini bus dan medium bus. Untuk informasi harga sewanya silahkan langsung hubungi ke pihak hotel ya!

sewa sepeda belitung
Sepeda yang bisa disewa
sewa bus belitung
Bus yang juga bisa disewa untuk aktivitas wisata

Recommended kah?

Pengalaman kami saat menginap disini kurang maksimal, tapi bukan karena salah pihak hotel lho ya! Ini lebih dikarenakan kami datang pada waktu yang tidak tepat. Kami datang pada saat Virus Corona mulai melanda Indonesia yang mengakibatkan lesunya usaha pariwisata termasuk industri perhotelan.

Meski demikian jika kondisi telah kembali normal seperti sedia kala, saya merekomendasikan hotel ini sebagai tempat menginap jika anda berkesempatan liburan di Belitung.

Hotel ini lokasinya sangat strategis, tepat di depan Kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam, dekat dengan pusat kota, dan pusat kuliner malam. Jadi asik banget kan?

Selain itu fasilitas yang tersedia juga lengkap dan standard hotel bintang 4. Saat ini di Belitungnya setidaknya telah ada 5 hotel bintang 4 dan jika anda mencari hotel di kelas ini dengan harga termurah maka pilihannya ada di Hotel Grand Hatika.

Kalau boleh saran kepada pihak hotel, saya ingin sekali hotel ini terbebas dari asap rokok untuk setiap kamarnya sehingga tamu bisa nyaman beristirahat di dalamnya.

Oke, sekian saja ceritanya

1 Response

Leave a Reply