Informasi Lengkap Panduan Wisata Penang Halal

wisata penang halal

Sekilas Tentang Pulau Penang . Tak kenal maka tak sayang begitu kata peribahasa, maka sebelum kita membahas mengenai Panduan Wisata Penang Halal, ada baiknya kita mengenal sekilas tentang Pulau Penang.

Awalnya pulau ini dikenal dengan sebutan Pulau Ka-Satu oleh kalangan para pelaut atau pelayar karena ia merupakan pulau terbesar yang ditemui di rute perdagangan laut antara Lingga dan Kedah.

Diberi nama Pulau Penang sebab dahulunya pulau ini banyak ditumbuhi oleh Pohon Pinang.

Pulau yang memiliki luas sebesar 293 Km2 ini memiliki julukan “Pearl of the Orient” atau Pulau Mutiara.

Dahulu, Pulau Penang adalah bagian dari Kesultanan Kedah sampai abad ke-18 sebelum Francis Light berunding untuk mendapatkan pulau ini sebagai imbalan untuk perlindungan militer Inggris yang ditawarkan kepada Kesultanan Kedah.

Saat ini, selain Kuala Lumpur, Pulau Penang merupakan negeri di Malaysia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Banyak hal menarik yang menjadi alasan untuk mengunjungi Pulau Penang. Wisata alam berupa bukit, hutan dan pantai ada disini. Museum – museum tematik bertebaran dan tentu saja kulinernya yang nikmat, perpaduan antara kuliner Cina, India dan Melayu.

Nah karena Pulau Penang ini isinya begitu beragam, maka sebagai traveler muslim jika liburan kesini tetap harus memperhatikan batasan. Oleh karena itu kami menulis panduan Wisata Penang Halal yang diambil dari pengalaman langsung.

How To Get There ?

Terdapat penerbangan langsung yang menghubungkan antara Pulau Penang dengan kota – kota besar di Indonesia diantaranya Jakarta, Banda Aceh, Medan dan Surabaya.

Penerbangan Jakarta – Penang

Saat ini telah ada tiga maskapai yang melayani penerbangan dengan rute Jakarta – Penang Pulang Pergi secara langsung yaitu Indonesia Air Asia, Batik Air dan Citilink

Indonesia Air Asia salah satu maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta, Medan dan Surabaya ke Penang

Berikut ini adalah daftar maskapai serta jadwal keberangkatannya.

Jakarta – Penang

  • Indonesia Air Asia QZ 220, Jam 07.00 – 10.25
  • Batik Air ID 7161, jam 07.00 – 10.15
  • Citilink QG 510, jam 09.55 – 13.25
  • Indonesia Air Asia QZ 226, jam 13.20 – 16.35

Penang – Jakarta

  • Indonesia Air Asia QZ 221, jam 10.45 – 12.15
  • Batik Air ID 7160, jam 11.00 – 12.15
  • Citilink Indonesia QG 511, jam 14.50 – 16.20
  • Indonesia Air Asia QZ 227, jam 17.15 – 18.50

Note : Jadwal penerbangan bisa saja berubah!

Penerbangan mana yang paling bagus untuk dipilih?

Semuanya bagus, asal pas di kantong anda. Namun kalau dilihat dari sisi efesiensi waktu, maka kami akan menyarankan pilihan penerbangannya sebagai berikut

Jakarta – Penang

  • Indonesia Air Asia QZ 220, Jam 07.00 – 10.20

Penang – Jakarta

  • Indonesia Air Asia QZ 227, jam 17.15 – 18.50

Alasannya, dengan Indonesia Air Asia QZ 220, kita akan sampai di Penang lebih awal. Hari pertama tiba di Penang bisa langsung eksplore atau mencoba kuliner di Georgetown. Lalu dengan Indonesia Air Asia QZ 227, jadwal penerbangannya lebih sore dibanding lainnya. Di hari ketiga masih punya waktu ekplore lagi, misalnya mengunjungi Fort Cornwallis atau mencoba kuliner yang ada di Esplanade Park Food Court.

Pilihan penerbangan langsung dari Jakarta ke Penang
Pilihan penerbangan langsung dari Penang ke Jakarta

Dan yang paling utama ialah harga tiket yang ditawarkan oleh Air Asia biasanya paling murah dibandingkan maskapai lainnya. Tapi yang harus diingat adalah anda hanya diperkenankan membawa bagasi kabin sebesar 7 Kg. Akan ada biaya tambahan jika anda membawa bagasi.

Penginapan di Penang

Selama liburan di Penang, anda tidak perlu khawatir dengan akomodasi penginapan. Sebab disini banyak banget pilihan untuk tempat menginap, ada hotel capsul, guest house, homestay dan hotel low budget hingga berbintang. Pilihannya kembali pada anda, sesuaikan dengan isi kantong anda.

Biasanya wisatawan akan memilih penginapan di sekitar Georgetown. Banyak tempat menginap dengan harga murah bertebaran disini. Alasan lainnya ialah kemudahan akses bagi pengguna transportasi umum. Hampir setiap jalan di Georgetown dilalui oleh Bus Rapid Penang.

Harus diketahui, semenjak tahun 2017, Pemerintah Malaysia menerapkan aturan pajak sebesar RM 10 bagi wisatawan asing yang menginap di hotel Malaysia.

Transportasi di Penang

Selama wisata di Penang, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil, sewa motor atau menggunakan transportasi publik Rapid Penang. Semuanya asik.

Bus Rapid Penang di Bandara Internasional Penang Bayan Lepas

Sewa mobil di Penang harganya mulai dari RM 100 hingga RM 300 per harinya. Harga ini untuk sewa mobil lepas kunci, artinya anda harus menyiapkan tambahan biaya untuk bensin.

La Belle, salah satu tempat menyewa kendaraan di Penang yang ada di Jalan Lebuh Chulia

Sedangkan untuk sewa mobil di Penang, harganya mulai dari RM 35 per hari. Jika anda menyewa motor lebih dari 5 hari, biasanya akan ada diskon.

Untuk menyewa mobil dan motor di Penang, anda diharuskan memiliki SIM Internasional terlebih dahulu. Bagaimana cara membuatnya, silahkan klik link ini.

Jika tidak ingin menyewa kendaraan, anda bisa memanfaatkan Bus Rapid Penang. Obyek wisata yang ada di Penang biasanya dapat ditempuh oleh Rapid Penang. Sebut saja Bukit Bendera, Entopia, Taman Nasional Penang, Fort Cornwallis, Masjid Kapitan Keling. Semuanya bisa capai hanya menggunakan  Rapid Penang.

Bus Rapid Penang itu nyaman banget, berpendingin udara dan ongkosnya juga murah. Yang paling penting ialah anda harus membawa uang tunai dan pas, sebab tidak ada kembalian disini.

Interior bus Rapid Penang, sangat nyaman!

Informasi lengkap mengenai Bus Rapid Penang dan rute yang dilaluinya, bisa dilihat langsung di websitenya.

Contoh Itinerary Wisata Penang Halal 5 Hari 4 Malam

Itinerary ini dibuat dengan pemisalan anda menggunakan pesawat Air Asia QZ 220 saat menuju Penang dan kembali ke Jakarta dengan Air Asia QZ 227. Alasannya, tiba di Penang lebih awal dan kembali ke Jakarta lebih sore. Banyak waktu yang bisa digunakan.

Hari Pertama : Penerbangan Jakarta – Penang – Georgetown

Naik pesawat Air Asia QZ 220 yang berangkat pada jam 06.35 WIB dan tiba pada 10.35 Waktu Malaysia. Waktu di Malaysia satu jam lebih awal dari Jakarta, meski suasananya sama seperti di Jakarta.

Tiba di Bandara Internasional Penang, sebelum keluar dari bandara, kita bisa terlebih dahulu membeli SIM Card Malaysia, jadi selama di Penang, Always ON! Harga paketnya beragam, mulai dari RM 25 untuk paket internet selama satu minggu.

Keluar dari bandara langsung menuju halte. Selanjutnya kita naik Bus Rapid Penang 401 atau 401E tujuan Georgetown. Ongkosnya sekitar RM 2.7. Supaya memudahkan, sebaiknya anda turun di terminal Komtar.

Note : Naik bus Rapid Penang memang murah, tapi yang enggak enaknya adalah waktu tempuh menuju Georgetown agak lama, soalnya bus ini rutenya dibuat muter – muter, ga langsung to the point.

Kalau punya uang lebih dan mau lebih cepat sampai Georgetown, anda bisa memesan GrabCar yang banyak tersedia di bandara. Biayanya mulai dari RM 25, tergantung situasi dan kondisi. Kalau lagi peak hours bisa lebih dari itu.

Tiba di Georgetown, langsung menuju hotel untuk check in dan istirahat sejenak.

Atau kalau belum jam 14.00 Waktu Malaysia, bisa cari makan siang terlebih dahulu.

Memasuki waktu makan siang, kita bisa singgah di Restoran Nasi Kandar Line Clear. Yang mengelola restoran ini adalah India Muslim, jadi tidak perlu diragukan lagi kehalalannya. Harga nasi kandar disini juga terjangkau, lauk yang tersedia juga banyak.

Nasi Kandar, kuliner wajib di Penang

Setelah makan siang, kita bisa mengeksplore berbagai mural menarik yang banyak tersebar di sepanjang jalan seperti Muntri Street, Armenian Street, Ah Quee Street dan banyak lagi.

Menjelang maghrib, kita bisa bergegas menuju Masjid Kapitan Keling yang merupakan masjid tertua di Pulau Pinang.

tujuan wisata penang halal
Masjid Kapitan Keling, masjid tertua di Pulau Penang

Setelah shalat maghrib, di sebelah masjid ini ada kedai nasi kandar yang terkenal di Penang. Namanya Nasi Kandar Beratur, diberi nama seperti itu karena setiap orang yang ingin makan disini harus beratur (mengantri) terlebih dahulu. Meski menunya sama – sama Nasi Kandar, tapi tiap resto punya keunikan rasa. Ga percaya? Cobain aja!

Hari Kedua : Taman Nasional Penang

Pulau Penang memiliki taman nasional yang berada di Teluk Bahang. Taman Nasional Penang ini merupakan taman nasional terkecil di Negara Malaysia. Meski demikian, pesona baharinya sangat menakjubkan. Jadi rasanya sayang sekali jika tidak dieksplore saat liburan di Penang.

Setelah sarapan, sebelum memulai perjalanan menuju Taman Nasional Penang, sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu bekal untuk makan siang dan air mineral. Cuaca di Pulau Penang begitu terik, jadi kita harus senantiasa membawa air minum.

Untuk menuju Taman Nasional Penang, dari Georgetown kita bisa naik bus Rapid Penang nomor 101 tujuan Teluk Bahang. Ongkosnya sekitar RM 3.4, bus ini akan berakhir tepat di depan pintu masuk taman nasional.

Setibanya di Taman Nasional Penang, kita langsung menuju loket registrasi untuk menuliskan nama, nomor paspor serta negara asal. Nantinya petugas akan memberikan permit letter, kalau di Indonesia dikenal dengan sebutan SIMAKSI atau Surat Memasuki Kawasan Konservasi.

Disini tidak dikenakan biaya tiket masuk, yang penting kita harus registrasi terlebih dahulu.

Taman Nasional Penang ini memiliki dua jalur. Jalur pertama mengantarkan kita menuju Pantai Kerachut yang merupakan tempat konservasi penyu. Sebelum Pantai Kerachut ada Danau Meromiktik, jenis danau langka yang hanya ada beberapa saja di dunia. Dari pintu masuk sampai Pantai Kerachut membutuhkan waktu sekitar dua jam berjalan santai.

Pintu masuk Taman Nasional Penang

Sedangkan jalur kedua mengantarkan kita sampai ke Rumah Api atau mercusuar. Sebelum sampai Rumah Api, kita akan melalui Teluk Duyung yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Monyet. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke rumah api ialah tiga jam dengan jalan santai.

Salah satu pantai di Taman Nasional Penang

Jalur mana yang menarik? Keduanya sama menariknya. Tapi sebaiknya pilih salah satu saja, kecuali jika anda adalah seorang petualang sejati yang suka trekking, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba keduanya dalam sehari kunjungan.

Menjelang sore, kembali ke Georgetown. Makan malam di Sup Hameed yang punya sop daging sapi yang enak banget, harganya juga murah, hanya RM 2.7 saja.

kuliner wisata penang halal
Menu Sop Hameed

Hari Ketiga : Entopia Atau Tropical Spice Garden

Di Penang ada objek wisata yang bertemakan kupu – kupu, namanya Entopia. Entopia ini merupakan taman kupu – kupu di terbesar di Asia Tenggara. Disini kita bisa mempelajari seluk beluk mengenai hewan kupu – kupu mulai dari telur, kepompong hingga ia menjadi kupu – kupu dewasa. Salah satu agenda menarik disini ialah kita mendapatkan kesempatan untuk merilis kupu – kupu yang siap terbang.

Nature land, salah satu sisi menarik yang ada di Entopia

Oh ya, saat perjalanan menuju Teluk Bahang, kita juga akan melewati obyek wisata Tropical Spice Garden. Obyek wisata ini memberi pengalaman mengenai pengenalan berbagai macam tumbuhan kepada pengunjungnya.

Mana yang menarik? Silahkan pilih salah satunya. Yang jelas obyek wisata ini bisa mengisi waktu liburan anda di Penang pada hari ketiga.

Sore harinya setelah mengeksplore Entopia atau Tropical Spice Garden, sebelum kembali ke Georgetown, kita bisa singgah di Pantai Batu Ferringhi yang merupakan pantai paling populer di Penang.

Di Pantai Batu Ferringhi, kita bisa menikmati suasana sore, menunggu matahari terbenam atau mencoba wahana water sport disana yang banyak tersedia.

Suasana di Pantai Batu Ferringhi di sore hari

Malam harinya anda bisa jelajah kuliner di Batu Ferrighi Night Market

Hari Keempat : Bukit Bendera Penang Hill

Selain pantai, Pulau Penang juga punya destinasi berupa bukit dimana kita bisa menyaksikan panorama Pulau Penang dari ketinggian. Asiknya lagi untuk menuju ke puncak bukit, kita tidak perlu bersusah payah mendaki, karena ada layanan kereta yang mengantarkan pengunjung menuju puncak bukit. Oh ya, nama obyek wisatanya Penang Hill atau akrab juga disebut Bukit Bendera.

Di hari keempat ini kalau bosan dengan menu sarapan di hotel, anda bisa mencoba sarapan di Bee Hwa Café. Kedai kopitian yang muslim friendly alias halal.

Menu favorit disini diantaranya Curry Mee dan Char Koay Teow, harganya terjangkau, mulai dari RM 6.0

kopitiam yang cocok dalam wisata penang halal
Curry Mee seharga RM 6 di Bee Hwa Cafe
kuliner halal di penang
Bisa juga cobain Char Koay Teow, harganya pun sama

Setelah sarapan, langsung menuju halte untuk menunggu Bus Rapid Penang nomor 204 tujuan Bukit Bendera. Ongkosnya murah banget, hanya RM 2.0

Tiba di Bukit Bendera, langsung ke loket pembelian tiket. Bagi orang asing tiketnya RM 30, termasuk akses naik ke tram pulang pergi.

Bukit Bendera adalah destinasi wisata Penang paling favorit, jadi jangan heran dengan antrian pengunjung yang panjang.  Kalau bisa datanglah lebih awal kesini.

Tram yang membawa wisatawan ke Bukit Bendera

Setelah menaiki tram dan tiba di upper station kita bisa menyaksikan panorama Kota Georgetown dengan gedung – gedungnya, laut dan Jembatan Penang.

Panorama kepadatan Pulau Penang dilihat dari Bukit Bendera

Kalau mau seru lagi, di Bukit Bendera ini ada destinasi lain yang cukup menarik yaitu The Habitat. The Habitat ini menawarkan kita untuk memasuki hutan purba Malaysia yang usianya bahkan lebih tua dibandingkan dengan hutan amazon.

Baca juga : Serunya Jelajah Hutan Purba di Bukit Bendera

Di The Habitat terdapat jalur trekking yang asik. Kita bisa menyaksikan hewan langur hitam yang bermain tepat di atas kita, menyaksikan burung indah, melintasi jembatan gantung yang panjang dan menaiki tree top yang merupakan viewing platform tertinggi di Pulau Penang. Di Tree Top anda bisa menyaksikan Laut Andaman dan Pulau Langkawi saat hari cerah. Tree top ini juga merupakan tempat yang asik untuk berburu matahari terbenam.

Curtis Tree Top di The Habitat
Jembatan gantung di The Habitat yang disebut dengan Langur Way

Menjelang malam, saatnya kembali ke Georgetown. Untuk makan malamnya, kami merekomendasikan Restoran Hameediyah. Teh tariknya enak banget! Bisa menyegarkan anda usai trekking seharian.

Nasi Kandar Hameediyah

Hari Kelima

Di hari terakhir ini, kita bisa mencoba sarapan di Little India. Banyak restoran halal yang tersedia disana seperti Restoran Ros Mutiara dan Restoran Kapitan.

salah satu restoran dalam wisata penang halal
Restoran Kapitan di Little India

Restoran Ros Mutiara ini biasanya sudah siap dengan menu makanan berat, sedangkan Restoran Kapitan harus menunggu agak siangan kalau mau menu makanan beratnya.

Baca juga : Sarapan Pagi di Restoran Ros Mutiara Little India

Setelah sarapan, kembali ke hotel untuk check out.

Mumpung hari masih panjang, kita bisa ke Fort Cornwallis yang merupakan destinasi bersejarah di Pulau Penang.

Memasuki waktu makan siang, langsung saja ke The Esplanade Park Food Court, disini tersedia banyak pilihan makanan dan minuman. Yang paling ramai adalah Kedai Mee Hameed “Pata”, harganya murah hanya RM 5, tapi harus antri panjang kalau mau menyantap Mee Sotongnya.

Antrian di Mee Sotong Pata

Untuk minumannya cobain Coconut Shake yang disediakan oleh kedai Penang Famous “Jalil”. Selain coconut shake, ada juga cendol Penang yang punya rasa enak dan menyegarkan, apalagi ditambah dengan kacah merah. Bikin kenyang deh.

tujuan kuliner wisata halal penang
Penang Famous Jalil, menjual beraneka minuman segar

Usai makan siang, jika di rasa masih punya banyak waktu, kita bisa bermain ke Jetty yang merupakan kampung nelayan tua yang didominasi oleh etnis keturunan China. Karena ikan semakin sulit dicari, penduduk di kampung ini mengubah haluannya, menjadikan kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata di Penang.

Mendekati jam penerbangan kembali ke Jakarta, saatnya menuju Bandara Internasional Penang.

Pastikan anda tiba di bandara maksimal tiga jam sebelum waktu keberangkatan, hal ini untuk menghindari antrian panjang di imigrasi.

Nah, itulah susunan itinerary Wisata Penang Halal yang mungkin bisa dijadikan panduan bagi anda yang juga ingin liburan disana.

Mungkin ada objek wisata terkenal di Penang namun tidak disebutkan dalam itinerary yang kami buat, karena sekali lagi, yang kami tekankan adalah Wisata Penang Halal, sebuah konsep wisata yang cocok bagi wisatawan muslim, baik itu dari segi destinasinya dimana tersedia fasilitas masjid atau mushala untuk salat dan juga kuliner yang dijamin kehalalalannya.

Penang itu surganya kuliner, pecinta kuliner wajib kesini. Namun, dalam panduan Wisata Penang Halal ini hanya memberikan rekomendasi restoran atau tempat makan halal saja, yang biasanya dikelola oleh India Muslim atau orang Melayu.

Jika ada pertanyaan atau masukan mengenai Wisata Penang Halal, silahkan tinggalkan dalam kolom komentar. Insya Allah akan kami jawab.

Atau

Jika tertarik untuk membuat konsep atau ingin mengikuti Paket Wisata Penang Halal, silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan melayani!

Salam

Triptofun

Get The Real Fun!

You may also like...