(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
(+62) 897-7257-136 contact@triptofun.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Panduan Lengkap Cara Menuju Dieng Dari Jakarta

cara menuju dieng

Cara menuju Dieng, masih adakah yang ingin tahu? Saat semuanya telah menjadi serba mudah. Masihkah perjalanan memberi arti? Cara paling termudah adalah anda tinggal ikuti saja penawaran Open Trip Dieng yang banyak tersebar di berbagai kanal.

Anda cukup membayar harga yang ditawarkan mulai dari Rp 500 ribuan, datang pada hari keberangkatan. Duduk manis selama perjalanan dan sampailah anda di Dieng. Para travel blogger dan media – media seringkali menulisnya sebagai Negeri Diatas Awan, seperti tidak ada kata lain saja.

Namun jika anda tidak tertarik untuk mengikuti Open Trip Dieng, karena anda lebih suka jalan sendiri alias solo traveling. Atau anda tidak memiliki kendaraan pribadi yang bisa mengantar anda menuju kesana, juga tidak mengapa. Anda tetap bisa untuk berwisata ke Dieng.

Lalu bagaimana cara menuju kesana?

Apapun moda transportasi, anda bisa ke Dieng. Namun rasanya yang paling praktis ialah dengan menggunakan moda transportasi bus, karena dengan cara ini anda bisa langsung tiba di Wonosobo tanpa harus melanjutkan perjalanan lagi dengan transportasi penghubung.

Jadi di awal tulisan ini kami akan membahas cara menuju Dieng dari Jakarta menggunakan bus dulu ya!

Menuju Dieng Dengan Bus

Pilih Bus Tujuan Jakarta Wonosobo

Seiring berjalannya waktu, Dieng semakin populer sebagai tempat wisata di kalangan wisatawan. Asiknya, Dieng ini bisa dijadikan pelarian di akhir pekan. Anda bisa berwisata ke Dieng tanpa harus mengajukan cuti (tergantung jam pulang kerja juga sih)

Saat ini banyak Perusahaan Otobus yang melayani rute Jakarta – Wonosobo diantaranya Sinar Jaya (paling populer banget nih), Pahala Kencana, Rosalia Indah, Laju Prima, dan Murni Jaya.

bus jakarta wonosobo
Bahkan Setia Negara yang lebih dikenal sebagai bus Cirebonan, juga membuka rute ke Wonosobo

Tarif bus Jakarta – Wonosobo kelas executive bisa didapatkan mulai dari Rp 130 ribu hingga Rp 170 ribu. Tergantung dari PO bus mana yang anda pilih. Tiket bus bisa anda peroleh dengan mudah tanpa harus datang langsung ke terminal ataupun agen bus, anda tinggal mainkan saja jari anda di aplikasi seperti Traveloka dan Redbus. Disana tersedia banyak pilihan bus untuk rute ini.

Kalau kami sendiri paling merekomendasikan Rosalia Indah, mengapa? Anda bisa membaca selengkapnya di tautan bawah ini ya.

Dari Jakarta ke Wonosobo, Asiknya Naik Bus Rosalia Indah

bus rosalia indah
Rosalia Indah salah satu perusahaan otobus yang melayani rute Jakarta Wonosobo PP

Biasanya bus dari Jakarta ke Wonosobo berangkat mulai dari jam 4 sore. Adapun waktu tempuh perjalanan Jakarta Wonosobo yaitu sekitar 12 jam, tergantung pada situasi dan kondisi di jalan serta armada bus yang digunakan.

Naik Mikro Bis Tujuan Wonosobo Dieng

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam dari Jakarta. Anda akan tiba di Wonosobo. Anda bisa turun di Taman Plaza Wonosobo tempat dimana biasanya Mikro Bis tujuang Dieng ngetem menunggu penumpang. Tarif Mikro bis Wonosobo – Dieng kalau naik dari sini ialah Rp 15 ribu.

Atau bisa juga turun di tujuan akhir yaitu Terminal Mendolo Wonosobo. Sebenarnya mikro bis tujuan Dieng tidak memasuki terminal ini. Namun selalu saja anda sopir mikro bis yang mengetahui kesempatan untuk mengambil penumpang dari sini. Sopir tahu betul kalau orang ke Wonosobo dari Jakarta umumnya hendak ke Dieng atau mendaki Gunung Prau. Kalau naik dari sini ongkosnya Rp 20 ribu.

mikro bis wonosobo dieng
Mikro bis tujuan Dieng yang mengambil penumpang di Terminal Mendolo

Lama perjalanan Wonosobo ke Dieng dengan mikro bis ini sekitar 1 jam, jika cuaca cerah anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menarik. Misalnya di sisi kanan anda akan menyaksikan gagahnya Gunung Sumbing dan Sindoro.

Sudah sampai di Dieng deh.

Sekarang lanjut lagi cara menuju kesana dengan moda transportasi Kereta Api

Menuju Dieng Dengan Kereta Api

Opsi lain untuk menuju Dieng dari Jakarta ialah dengan menggunakan layanan Kereta Api Indonesia.

Dahulu kami suka banget dengan cara ini. Namun seiring berjalannya waktu harga tiket kereta api semakin mahal. Kereta ekonomi yang harganya sudah disubsidi pun juga sudah mendekati harga tiket bus kelas eksekutif. Memang masih ada sih yang murah banget yaitu Kereta Api Serayu Malam yang bisa diperoleh hanya dengan Rp 67 ribu. Tapi lamanya itu lho! Kereta ini melalui jalur selatan. Jadi dari Jakarta dia ke Bandung dulu terus ke Tasik dan seterusnya. Normalnya Jakarta Purwokerto kalau naik kereta hanya ditempuh dalam waktu 5 jam-an, kalau naik kereta Serayu bisa jadi 11 jam-an. Sudah capek dijalan gaes!

Jadwal dan tarif kereta kelas ekonomi relasi Pasar Senen – Purwokerto

Kalau naik kereta api, anda bisa turun di beberapa stasiun diantaranya Prembun, Kutoarjo dan Purwokerto. Dari stasiun tersebut anda bisa lanjutkan dengan naik angkot ke tempat dimana bus tujuan Wonosobo mangkal.

Nah disini gag enaknya kalau naik kereta ke Dieng. Karena sampai saat ini KAI belum mengaktifkan kembali jalur kereta hingga Wonosobo, sehingga anda harus meneruskan perjalanan dengan bus penghubung. Sudah gitu waktu tempuh Purwokerto ke Wonosobo juga gag sebentar, kira – kira 3 jam lah.

Stasiun Purwokerto ialah stasiun yang biasanya menjadi pemberhentian bagi wisatawan yang mau ke Dieng dengan kereta api. Bukan tanpa alasan, karena memang stasiun ini yang paling lengkap transportasi umumnya.

Apalagi semenjak November 2018, KAI telah meluncurkan Angkutan terusan dengan rute Purwokerto Wonosobo. Angkutan terusan ini memulai perjalanan dari Stasiun Purwokerto menuju Purbalingga, Banjarnegara hingga berakhir di Wonosobo.

Layanan transportasi penghubung rute Stasiun Purwokerto – Wonosobo PP yang disediakan oleh KAI

Terdapat 3 unit armada yang akan melayani 10 jadwal keberangkatan dengan tarif mulai dari Rp 50 ribu.

Selengkapnya mengenai info angkutan terusan ini anda bisa membacanya disini. 

Setelah sampai Wonosobo, selanjutnya naik mikro bis seperti yang telah dijabarkan sebelumnya.

Ribet kan kalau naik kereta, udah naik bus aja kalau ke Dieng, mah!

Naik Pesawat

Wah sultan banget kalau pakai cara ini, apalagi harga tiket pesawat lagi melambung tinggi. Tapi emangnya ada ya kalau orang mau ke Dieng naik pesawat? Mungkin aja sih.

Nah begini cara ke Dieng kalau naik pesawat.

Pertama, anda pesan tiket pesawat rute Jakarta – Semarang.

Tiba di Bandara Ahmad Yani, dilanjutkan ke Terminal Terboyo lalu lanjut lagi naik bus tujuan Purwokerto yang melalui Wonosobo. Ada dua pilihan, bus bumel atau eksekutif seperti Nusantara.

Tiba di Wonosobo lanjut naik mikro bis ke Dieng.

Atau kalau ga mau ribet, anda tinggal sewa mobil aja dari bandara untuk mengantarkan anda ke Dieng. Anda kan sultan? Hehe..

Dari tiga cara menuju dieng yang telah dijelaskan diatas, tentu saja kami paling merekomendasikan cara pertama. Alasannya, cara ini yang paling hemat dari sisi biaya dan waktu. Dengan cara ini anda sudah tiba langsung di Wonosobo, tinggal lanjut lagi dengan mikro bis. Kualitas pelayanan bus saat ini semakin prima, beberapa PO Bus juga menyediakan fasilitas makan gratis di rest area lho.

Apapun pilihan cara menuju Dieng, anda lah yang memutuskan. Sebaiknya disesuaikan dengan budget dan waktu yang anda miliki ya.

Selamat liburan. Jangan lupa, kalau mau main ke Dieng siapkan perbekalan yang cukup. Tempatnya ada di atas 2000 mdpl, jadi persiapkan diri anda biar kalau sampai disana ga beku karena kedinginan.

2 Responses