Jalan – jalan ke Penang 2 : Makan Malam di Nasi Kandar Line Clear

nasi_kandar_penang

Setelah istirahat dan membersihkan diri di hotel, saya meminta izin ke Hanny untuk mencari makan malam. Dari hotel saya berjalan ke arah persimpangan yang mempertemukan antara Jalan Lebuh Chulia dengan Jalan Penang. Nah, tepat di Jalan Penang nomor 177 ada sebuah restoran namanya Nasi Kandar Line Clear

Restoran Nasi Kandar Line Clear ini memiliki tampilan yang mencolok, pengelola memasang papan penanda dengan ukuran cukup besar sehingga mudah dilihat oleh pengunjung. Restoran yang sudah ada sejak tahun 1930 ini, buka 24 jam.

Baca juga : Perjalanan Panjang Menuju Penang dari Banda Aceh

Begitu saya memasuki restoran ini, saya langsung disapa dengan ramah oleh seorang pegawai resto.

“mau makan apa? Ayam ada, daging ada, udang ada, sotong ada, goreng – goreng ada” kata pegawai resto itu dengan ucapan berintonasi seperti Jarjit, temannya Upin dan Ipin.

Penyajian menu yang tersedia di Line Clear ini seperti layaknya Rumah Makan Padang. Sederetan makanan ditaruh berjajar di etalase kaca, kita tinggal pilih saja lauknya yang diinginkan.

menu_makanan_line_clear_penang
Mau pilih lauk apa?

 

Restoran Nasi Kandar Line Clear Penang ini menyajikan dua pilihan nasi yaitu nasi putih dan nasi briyani. Waktu itu saya ingin sekali makan nasi briyani, sayangnya sudah habis sehingga mau ga mau pakai nasi putih. Untuk lauknya saya pesan ayam goreng, ditemani sayur kol dan siraman kuah kari yang amat kental.

Untuk minumannya, Line Clear menyediakan teh, kopi, milo, bandung, sirup yang bisa disajikan panas atau dingin. Harga minumannya mulai dari RM 1.3 saja. Saya memesan es teh tarik sebagai penghilang dahaga, harganya RM 1.60

harga_nasi_kandar_line_clear
Menu Line Clear beserta harga, gag perlu risau dipakuak di negeri orang

 

Selain makanan berat Line Clear Penang juga menyediakan menu makanan ringan seperti roti canai, roti telur, murtabak dan lain – lain.

menu_roti_canai_telur
Roti canai telur ditemani dengan kuah kari

 

Setelah memesan makanan, saya menghadap ke kasir untuk membayar, tapi si kasirnya justru memberikan saya kertas kecil bertuliskan angka. Saat saya hendak langsung bayar makanan dan minuman yang saya pesan. Kasir itu bilang sambil tersenyum “makan saja dulu ya”

“Oh, jadi SOP makan di Line Clear seperti ini” gumam saya dalam hati

Saya duduk di tempat yang telah disediakan berupa meja dan kursi panjang. Sebelum makan cuci tangan dulu di wastafel yang tersedia, berdo’a lalu makan.

Jika dilihat sekilas, nasi kandar ini seperti Nasi Padang yang kaya akan kuah, bedanya pada nasi kandar, kuah yang digunakan yaitu kuah kari. Porsinya sangat besar, bahkan sebenarnya bisa dimakan untuk dua orang.

nasi_kandar_ayam
Seporsi Nasi Kandar dengan lauk ayam goreng

 

Okelah, sekarang saatnya makan, perut dari tadi sudah keroncongan.

Saya mulai jatuh cinta pada nasi kandar pada suapan yang pertama, rasanya enak banget, rempahnya begitu terasa di lidah. Sayur kolnya juga enak dan yang jadi juaranya tentu saja ayam gorengnya, kriuknya begitu sedap, bikin makan jadi lahap.

Malam itu saya menghabiskan RM 9.8 atau sekitar Rp 34.300 (kurs RM 1 = Rp 3.500), untuk pesanan makanan dan minuman yang saya santap.

Sebelum kembali ke hotel, saya memesan ayam goreng dan sayur untuk Hanny, selain itu ia juga memesan Es Bandung yaitu sirup rose dicampur dengan krimer kental manis. Untuk minuman yang dibungkus dikenakan tambahan RM 0.2, sebab air yang didapat memang lebih banyak daripada minum di tempat.

 

Review Restoran Nasi Kandar Line Clear Penang

Setelah bercerita saat makan malam di Line Clear, kini saatnya saya mereview restoran ini.

Saya tahu restoran ini dari Penang Foodie yang mencantumkan restoran Line Clear sebagai salah satu dari 10 nasi kandar terbaik yang ada di Penang. Untungnya lokasi resto ini dekat dari hotel dan buka 24 jam. Dan yang terpenting adalah kehalalannya terjamin, karena yang mengelola restoran Line Clear Penang ialah India Muslim.

Pada saat saya mencari info mengenai restoran ini di google, saya cukup kaget dengan keyword suggestion yang salah satunya adalah “Nasi Kandar Line Clear Kotor”

Saya mencoba cari tahu, ternyata restoran ini pernah ditutup selama dua minggu pada Maret 2017. Hal ini disebabkan karena pada saat pemeriksaan yang dilakukan oleh Majlis Bandara Pulau Pinang (MBPP) ditemukan tikus, lipas dan toilet yang kotor. Info beritanya ada disini 

Oleh Jabatan Kesehatan MBPP, pengelola resto diberikan waktu dua minggu untuk berbenah. Dan sepertinya pemilik resto maupun pegawainya menanggapi hal ini dengan serius.

Saya melihat meskipun resto ini berada di pinggir jalan dan menempati gang, namun kebersihannya sangat terjaga. Meja – meja tertata rapi dan segera dibersihkan jika pengunjung selesai makan. Termasuk nasi – nasi yang terjatuh di tanah yang langsung segera disapu oleh pegawai resto.

Suasana Restoran Line Clear Penang yang bersih dan bebas asap rokok

 

Wastafel yang tersedia juga bagus, dibentuk sedemikan rupa sehingga air cuci tangan ini tidak muncrat kemana – mana.

Untuk toiletnya juga bersih dan yang paling menyenangkan berada disini ialah tempat ini bebas asap rokok!

Pegawai resto Line Clear Penang juga ramah kepada pengunjung yang datang, termasuk kepada saya. Membuat saya merasa nyaman, bahkan selama 5 hari di Penang, hanya satu hari saja saya tidak makan disini.

Harga menu makanan maupun minuman yang disajikan oleh Line Clear lebih murah dibandingkan dengan restoran nasi Kandar lainnya yang ada di Penang, ini berdasarkan pengalaman saya yang coba membandingkan harga di tiga restoran nasi kandar, nama kompetitornya gag perlu disebut lah ya.

Jika saya ada kesempatan untuk kembali ke Penang, maka saya pastikan akan kembali ke Line Clear!

 

Alamat Nasi Kandar Line Clear

Jalan Penang 177, Georgetown, Penang. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Chowrasta.

You may also like...

(2) Comments

  1. Pengalaman Naik Citilink Jakarta Penang PP, Cuma Rp 600 Ribuan

    […] Baca juga : Makan siang di Restoran Nasi Kandar Line Clear […]

  2. Roti Canai Jalan Argyll Eksis Sejak 1955 – Triptofun

    […] Baca juga : Restoran Nasi Kandar Line Clear […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *